;

Wow, 4 Tanaman Hias Ini Dibarter dengan 1 Mobil Jazz di Sukoharjo

Angga mengaku berminat dengan tanaman philodendron domesticum tersebut lantaran warna daun yang keluar dari tanaman tersebut terbilang unik dan jarang ditemukan.
SHARE
Wow, 4 Tanaman Hias Ini Dibarter dengan 1 Mobil Jazz di Sukoharjo
SOLOPOS.COM - Penukaran tanaman hias philodendron domesticum dengan mobil di Pakuwon Mal Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (22/5/2022). (Istimewa-dok Godhong Suek)

Solopos.com, SUKOHARJO — Empat tanaman hias ditukar dengan satu mobil Honda Jazz warna hitam dalam kegiatan Bursa dan Kontes Aroid Nusantara di Pakuwon Mal, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Minggu (22/5/2022). Salah satunya di antaranya yakni tanaman hias philodendron domesticum yang nilainya dibanderol sekitar Rp90 juta.

Selain philodendron domesticum, tanaman hias lainnya yang ditukar dengan Jazz hitam adalah Monstera, lobelia, dan strawberry. Ketiga tanaman itu juga dipamerkan dalam kontes tersebut. Kolektor yang menukar Honda Jazznya dengan keempat tanaman hias itu, Angga alias Godhong Suek, asal Pasuruan, Jawa Timur, mengaku tertarik membeli empat tanaman hias itu dengan kisaran harga total Rp120 juta.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Sudah sering melakukan barter biasanya juga barter pakai motor, mobil, dan lainnya. Kalau ini barter dengan Mas Solichin karena sudah kenal juga sering bertemu di kontes-kontes,” katanya saat ditemui di sela-sela bursa dan kontes.

Angga mengaku berminat dengan tanaman philodendron domesticum tersebut lantaran termasuk dalam variegata. Menurutnya, warna daun yang keluar dari tanaman tersebut terbilang unik dan jarang ditemukan.

“Tanaman ini di hutan banyak sebetulnya, [tapi] dari seribu cuma satu yang ada [warna daun unik]. Umumnya warnanya hijau, cuma ini bisa keluar warna putih, kuning atau yang disebut dengan perubahan warna atau variegata. Makanya ini jarang-jarang orang yang tahu,” jelasnya.

Baca juga: Digandrungi di Mancanegara, Tanaman Hias Berdaun Indah Ini Laris Manis

Karena keunikannya, lanjut dia, tumbuhan yang memiliki tinggi lebih dari satu meter itu pernah memenangkan kontes tanaman hias. Angga menyebut tanaman tersebut sudah memenangkan kontes juara dua nasional di Jakarta. Tak hanya itu, tanaman itu juga sempat memenangkan juara pertama dalam kontes tanaman hias di Solo beberapa waktu lalu.

Pria itu menceritakan perawatan daun variegata biasanya menggunakan air coca-cola di campur dengan air biasa untuk menjaga kesehatan daun tanaman hias. Menurutnya setiap kolektor memiliki cara khusus untuk merawat tanaman.

Memerlukan Keahlian Khusus

Dimintai konfirmasi terpisah dalam kegiatan tersebut, pemilik tanaman hias yang ditukar dengan mobil Jazz, Solichin, menyebut awalnya membeli dua tanaman philodendron domesticum dengan harga Rp2,5 juta namun salah satu tanamannya mati karena pengiriman melalui ekspedisi dari Malang, Jawa Timur.

“Awalnya saya membeli pada pertengahan pandemi ya tahun 2020. Dulu membeli dua, pas dibawa ekpedisi numplek jadi satu, yang satu mati. Dulu awalnya hanya tiga lembar daun, trus perawatan hampir dua tahun jadinya segini [sekitar lebih dari satu meter],” jelas pria asal Karanganyar.

Baca juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Selama perawatan tersebut Solichin menyebut tidak begitu sulit. Hanya saja mempertahankan warna daun yang unik tersebut memerlukan keahlian khusus. Menurutnya barter tanaman hias tersebut sedikit membuatnya resah.

“Ya ikhlas tidak ikhlas sih, namanya tanaman kesayangan tapi kan mas Angga itu juga teman dan ingin melanjutkan merawat ya sudah saya lepas. Tidak papa nanti takbikin [saya bikin] lagi,” katanya.

Sementara ditemui terpisah dalam kegiatan, penyelenggara kontes dan bursa, Sri Rejeki, mengatakan sering mengadakan kegiatan kontes tersebut.

“Komunitas Sekar Kedaton selalu mengadakan kontes dan bursa di Soloraya biasanya di mal-mal. Hari ini kami kontes beraneka ragam tanaman hias aroid nusantara, jenisnya ada anthurium, philodendron, aglonema, non mix jemani termasuk anthurium juga, kelas monstera juga ada,” kata perempuan yang telah menggeluti dunia tanaman hias selama 23 tahun itu.

Baca juga: Petani Milenial Sukoharjo: Hasil Panen Bisa untuk Healing dan Perawatan

Peserta kegiatan menurutnya, berasal dari berbagai daerah, selain dari Soloraya ada pula peserta dari luar kota seperti Bandung, Bogor, Jakarta dan juga luar pulau. Pemenang diambil berdasarkan segi prospek, variegata, kesehatan daun, dan perawatan. Peserta kegiatan juga mendaftar dengan biaya RP150.000 per pot tanaman yang diajukan untuk kontes.

Peserta kontes kegiatan, menurut dia diambil 5 pemenang setiap kelasnya, sehingga total ada 40 pemenang. Tak hanya mendapatkan hadiah sebagai pemenang peserta lain juga berkesempatan mendapatkan hadiah berupa sepeda motor dan lainnya. “Harapannya untuk menjunjung tanaman hias agar eksis terus, walaupun kondisinya naik turun,” harapnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago