SOLOPOS.COM - Ilustrasi salah satu objek wisata di Jawa Tengah. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, WONOGIRI — Jumlah bangunan yang terdata dalam warisan cagar budaya di Wonogiri mencapai 81 bangunan. Sebanyak 74 bangunan cagar budaya dinilai terawat dengan baik, sisanya dalam kondisi tak terawat.

Meski memiliki banyak cagar budaya, inventarisasi cagar budaya di Wonogiri memiliki tingkat persoalan yang kompleks. Dari 81 bangunan yang terdata dalam warisan cagar budaya, tak satu pun di antaranya resmi ditetapkan sebagai cagar budaya atau tersertifikasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terdapat tiga cagar budaya yang lahannya berstatus milik Pemkab Wonogiri. Masing-masing, Prasasti Nglaroh, Tugu Pusaka Selogiri, Petilasan Kaliwerak.

Baca Juga: 81 Bangunan di Wonogiri Terdata Warisan Cagar Budaya, Benarkah?

“Selain itu masih belum jelas [selain tiga cagar budaya di lahan milik pemkab]. Ada yang menjadi lahan tak bertuan, ada juga yang tanahnya dimiliki warga,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Eko Sunarsono saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (1/4/2022).

Bentuk cagar budaya di Wonogiri terdiri dari berbagai macam bangunan. Hal itu seperti, masjid, tugu, gedung, sekolah, petilasan atau makam, alun-alun/tanah lapang, saluran irigasi.

Inventarisasi cagar budaya terakhir kali dilakukan di tahun 2013 bersama Balai Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Hingga sekarang, tak ada tindak lanjut dan kemungkinan besar jumlah cagar budaya masih bisa bertambah.

Baca Juga: Misteri Masjid Tiban Bakalan Wonogiri, Tiba-Tiba Muncul pada Pagi Hari

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, kecamatan di Wonogiri yang paling banyak menyimpan cagar budaya berada di Kecamatan Wonogiri. Di kecamatan tersebut terdapat 26 cagar budaya. Berikut daftar rinci terkait jumlah cagar budaya di sejumlah kecamatan di Wonogiri:

1. Kecamatan Wonogiri: 26 cagar budaya

2. Kecamatan Manyaran: 2 cagar budaya

3. Kecamatan Nguntoronadi: 3 cagar budaya

4. Kecamatan Wuryantoro: 2 cagar budaya

5. Kecamatan Eromoko: 2 cagar budaya

6. Kecamatan Pracimantoro: 12 cagar budaya

7. Kecamatan Girimarto: 1 cagar budaya

8. Kecamatan Giritontro: 1 cagar budaya

9. Kecamatan Tirtomoyo: 4 cagar budaya

10. Kecamatan Selogiri: 8 cagar budaya

11. Kecamatan Purwantoro: 2 cagar budaya

12. Kecamatan Batuwarno: 6 cagar budaya

13. Kecamatan Giriwoyo: 3 cagar budaya

14. Keccamatan Jatisrono: 8 cagar budaya

15. Kecamatan Slogohimo: 1 cagar budaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya