SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Moderna. (opeaccesgoverment.com)

Solopos.com,WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri menerima ribuan vial vaksin Covid-19 jenis Moderna. Vaksin itu diprioritaskan untuk para guru.

Diketahui, satu vial vaksin moderna bisa digunakan untuk 14 dosis vaksin. Sedangkan jarak waktu penyuntikan dosis pertama dengan kedua yakni 21 hari.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Baru saja kami mendapat pasokan vaksin Moderna. Ada 2.500 vial vaksin yang kami terima,”kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo, kepada wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (16/8/2021).

Paria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan, infrastruktur pendukung vaksinasi di Wonogiri telah siap, mulai dari vaksinator hingga data sasaran. Sehingga ketika mendapat distribusi vaksin, langsung bisa segera dilaksanakan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Konsumsi Makanan Sehat Ini Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid

Ia menuturkan, salah satu sasaran penyuntikan vaksin Moderna di Wonogiri yakni para tenaga pendidikan, baik guru, guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) di lingkungan sekolah.

“Hari ini sudah dimulai [vaksin kepada tenaga pendidikan]. Guru yang akan divaksin sebanyak 9.153 orang,” ungkap dia.

Vaksinasi kepada para tenaga pendidikan, kata dia, dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat sekolah secara terjadwal. Jekek meyakini para guru memiliki kesadaran lebih untuk divaksin dibandingkan dengan masyarakat awam lainnya.

“Penyuntikan kami arahkan ke fasilitas kesehatan yang ada. Karena guru memiliki mobilitas yang mudah. Maka tidak dilakukan di balai desa atau kelurahan seperti yang saat ini kami gencarkan untum vaksin lansia,” ujar dia.

Baca juga: Hasil Penelitian: Semua Orang Indonesia Ternyata Pendatang, Tak Ada yang Asli?

Menurut Jekek, vaksinasi kepada guru termasuk sebagai persiapan untuk mendukung pembelajaran tatap muka atau PTM. Sementara itu, PTM di Wonogiri bakal digelar saat kondisi sudah memungkinkan.

“Saat sekarang para guru sudah divaksin, nantinya saat PTM mereka sudah mempunyai antibodi. Butuh waktu agar kekebalan tubuh muncul. Ini selaras dengan program kami. Pelayan publik mendapatkan prioritas vaksin,” kata Jekek.

Baca juga: Salut, Puluhan Penyintas Covid-19 di Wonogiri Antusias Jadi Donor Plasma Konvalesen

Lebih jauh Jekek menjelaskan, tenaga kesehatan di Wonogiri telah mulai mendapatkan booster dosis ketiga dengan vaksin Moderna.

Berdasarkan website resmi Pemkab Wonogiri, cakupan vaksinasi di Wonogiri hingga Minggu (15/8/2021), mencapai 12,79 persen. Dari 855.663 orang yang ditargetkan, baru 109.408 orang yang sudah divaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya