SOLOPOS.COM - (Espos/Rudi Hartono)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu (13/10/2021).

Data yang dihimpun Solopos.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi pada kedalaman 55 kilometer (km). Titik koordinat gempa pada 8.87 Lintang Selatan-110.97 Bujur Timur (BT).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : 2 Gempa Guncang Wonogiri, ASN Berhamburan Keluar Gedung

BMKG menjelaskan bahwa pusat gempa berada di laut 78 km selatan Pacitan. Gempa tersebut dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY.

Beberapa daerah itu Pacitan, Trenggalek, Wonogiri, Gunung Kidul, Bantul, dan Yogyakarta. Gempa terjadi pada Rabu sekitar pukul 12.00.47 WIB.

Gempa di Kabupaten Wonogiri dirasakan dua kali pada Rabu (13/10/2021) siang. Para aparatur sipil negara (ASN) di Kantor Wakil Bupati Wonogiri serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan berhamburan keluar gedung.

Wartawan Solopos.com yang bertugas di Wonogiri, Rudi Hartono, merasakan gempa bumi. Rudi menyampaikan guncangan gempa dirasakan beberapa detik. Gempa pertama sekitar pukul 12.05 WIB.

Baca Juga : Gempa Kekuatan Magnitudo 4,9 Guncang Yogyakarta Siang Ini

“Saat itu saya berada di Press Room, tiba-tiba lantai, kursi, kaca jendela bergetar semua. Durasinya sekitar 2 detik. Tapi terasa banget karena saya berada di lantai II,” ujar Rudi.

Guncangan gempa membuat puluhan ASN dan sejumlah mahasiswa magang di kantor tersebut berhamburan keluar gedung.

“Saat semua berlari ke luar gedung itu, ada satu anak magang yang sampai terjatuh. Mungkin karena saking paniknya, dia berlari hingga tersandung,” ujar Rudi.

Sesaat setelah keluar gedung, terjadi gempa susulan. Durasi gempa kedua nyaris sama dengan gempa pertama.

Baca Juga : Kemebul Lur, Mobil Avanza Mendadak Terbakar di Semangkak Klaten

“Jaraknya hanya berselang beberapa detik saja. Karena terjadi gempa susulan, semua makin panik. Sebagian besar pegawai keluar gedung,” jelas Rudi.

Selain itu, gempa bumi juga dirasakan masyarakat DIY. “Terasa beberapa detik, tadi kebetulan ada di lantai dua. Lumayan kencang,” ujar Kristin, seperti dilansir detikcom, Rabu (13/10/2021).

Salah seorang warga lainnya, Eki, sedang berada di dalam bioskop saat gempa. Dia mengaku kaget. Eki berada di dalam bioskop kawasan Kabupaten Sleman.

“Sebelah saya sudah hampir lari keluar, tapi karena goyangannya berhenti akhirnya tidak jadi,” ujar Eki, kepada detikcom, Rabu (13/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya