SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMA. (Freepik)

Solopos.com, SOLO Pertumbuhan sekolah swasta di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) bisa dibilang cukup pesat. Terbukti dengan jumlah sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sederajat swasta di Solo lebih banyak dibandingkan SMP dan SMA negeri.

Berdasarkan data Kemdikbud yang diakses Solopos.com di laman Kemdikbud.go.id, Rabu (13/7/2022), jumlah SMP swasta di Kota Solo ada 53. Sedangkan jumlah SMP negeri di Kota Bengawan hanya mencapai angka 29.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah SMP swasta terbanyak ada di Kecamatan Banjarsari, dengan 14 sekolahan. Sedangkan kecamatan di Solo dengan SMP negeri terbanyak ada di Kecamatan Laweyan yang mencapai sembilan sekolahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Jumlah SD Negeri Vs Swasta di Solo, Banyak Mana?

Selain SMP, jumlah SMA swasta di Kota Solo jauh lebih banyak ketimbang SMA negeri. Total ada 31 SMA swasta dan hanya ada 10 SMA negeri di kota yang dipimpin Gibran Rakabuming Raka ini.

SMA swasta terbanyak di Solo ada di Kecamatan Laweyan dengan 31 SMA swasta. Laweyan juga menjadi kecamatan dengan SMA negeri terbanyak di Solo dengan total 10.

Baca Juga: Sedih! 3 Tahun Tak Dapat Murid Baru, SD di Gunungkidul Bakal Ditutup

Mirisnya, tidak ada SMA negeri yang bertempat di Kecamatan Pasar Kliwon. Namun, ada empat SMA swasta di Kecamatan Pasar Kliwon.

Berikut perbandingan jumlah SMP dan SMA negeri dengan swasta di Kota Solo:

Kecamatan SMP SMA
Negeri Swasta Total Negeri Swasta Total
Laweyan 9 12 21 1 8 9
Serengan 2 8 10 1 2 3
Pasar Kliwon 3 9 12 0 4 4
Jebres 7 10 17 2 7 9
Banjarsari 8 14 22 6 10 16
Total 29 53 82 10 31 41

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya