SOLOPOS.COM - Aksi Aliansi Pemuda Islam di Solo, Senin (23/3/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

WNI Gabung ISIS diduga ada yang dari Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL- Dua warga Bantul diduga terlibat dalam gerakan radikal Islamic State of Iraq Syiria (ISIS). Polisi mengendus ada perekrutan anggota ISIS di wilayah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Polres Bantul Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Surawan mengungkapkan, dua warga Bantul yang berasal dari Kecamatan Bambanglipuro dan Banguntapan itu diduga bergabung dengan organisasi fundamental ISIS.

Ekspedisi Mudik 2024

Polisi mencurigai keduanya menyebarkan ajaran-ajaran terkait ISIS ke masyarakat. Aktifitas itu sudah berlangsung sejak setahun lalu. Polisi juga menemukan, bukti mereka meninggalkan Indonesia dan berangkat ke Suriah.

“Mereka sering melakukan ceramah-ceramah, lalu kami telusuri bukti di kantor keimigrasian, lalu lintas mereka ke Suriah,” terang Surawan, Rabu (1/4/2015).

Dua warga itu diketahui berusia 40-an tahun. Salah satu diantaranya yang berasal dari Kecamatan Banguntapan telah kembali ke Indonesia. Sementara seorang warga lainnya sampai sekarang terendus masih berada di Suriah. Salah seorang warga Banguntapan yang telah kembali ke Bantul menurutnya pernah membenarkan keberangkatannya ke Suriah, namun tidak mengakui ia terlibat dalam gerakan ISIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya