SOLOPOS.COM - Menlu Retno Marsudi Rini, Menkes Terawan dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto di konferensi pers persiapan pemberangkatan tim evakuasi WNI di Wuhan, China (Detikcom).

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Indonesia akan mengirimkan tim evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, pada Sabtu (1/2/2020) siang.

WNI di Wuhan akan dievakuasi dengan menggunakan pesawat komersial Batik Air. Pada keterangannya kepada awak media, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menegaskan aspek kedisiplinan sangat diutamakan dalam proses evakuasi ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Kedisiplinan penanganan protokoler kesehatan akan terus dilakukan. Kedisplinan termasuk selama perjalanan, ketibaan, dan pascaketibaan. protokoler juga berlaku bagi kru pesawat dan pesawat itu sendiri," ujar Retno di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Sabtu.

Nia Ramadhani Waswas Disuruh Mertua Kupas Mangga

Total ada 245 WNI di Wuhan akan dievakuasi. Setelah WNI tersebut tiba di Indonesia, tepatnya di Bandara Hang Nadim, Batam, mereka akan diisolasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Hal ini dibenarkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Natuna dipilih sebagai lokasi isolasi karena jauh dari jangkauan manusia dan memenuhi aspek protokoler.

Punya Harta Triliunan, Ini 3 Menteri Terkaya di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

"Punya tempat isolasi yang jauh dari tempat penduduk, yakni Natuna. Natuna memiliki pangkalan militer, runway, dan mampu menampung hingga 300 orang. Juga disediakan MCK [mandi, cuci, kakus] dan dapur lapangan," terang Hadi.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan WNI yang dievakuasi adalah WNI yang sehat dan telah melakukan proses pemeriksaan kesehatan.

Punya Harta Triliunan, Ini 3 Menteri Terkaya di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

"Yang dibawa pulang adalah WNI yang sehat sudah dilakukan screening di sana. Nanti akan dilakukan transit observation, yang harus dijalankan disiplin oleh semua pihak. Dan saya yakin berkat dari doa restu seluruh bangsa, akan berjalan dengan baik yang menjemput sehat yang dijemput juga sehat," ucap Terawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya