SOLOPOS.COM - Gedung Museum Mandiri (Istimewa/Wikipedia)

Solopos.com, JAKARTA — Banyak museum yang mengelilingi kawasan Kota Tua, Jakarta. Untuk mengetahui sejarah perbankan di Indonesia, Museum Mandiri bisa menjadi destinasi yang tepat setelah mengunjungi Museum Bank Indonesia.

Terletak di depan Stasiun Jakarta-Kota, Gedung Museum Mandiri memberikan cerita unik di balik perjalanan terbentuknya salah satu bank milik negara. Berbagai benda koleksi kuno terpajang gedung yang merupakan bangunan cagar budaya ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Alat hitung, mesin timbangan, bahkan mesin anjungan tunai mandiri tahun 1960-an dapat Anda lihat disini. Selain itu, suasana operasional bank pada era Belanda saat menduduki Indonesia juga terlihat seperti aslinya.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah satu pengunjung asal Bekasi, Siti, 15, tertarik untuk mengunjungi museum ini karena menyimpan sejarah yang dia tidak ketahui sebelumnya, terutama mengenai bank. “Biar tahu sejarah masa lampau gimana, terutama tentang bank gitu”, ujar Siti saat ditemui Bisnis/JIBI, Sabtu (30/08/2014).

Bangunan cagar budaya yang berdiri kokoh disamping Museum Bank Indonesia ini juga menyediakan pusat pameran senirupa di lantai dua. Museum ini memang tidak memiliki fasilitas pendingin udara, tapi bentuk gedungnya yang tinggi dengan gaya Art Deco tidak menimbulkan rasa panas walau di dalam ruangan.

Museum Mandiri buka setiap Selasa sampai Minggu pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Bagi dewasa dikenakan tarif masuk museum sebesar Rp2000,- sedangkan untuk mahasiswa, pelajar, dan anak-anak gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya