[x] close
Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah
Solopos.com|soloraya

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Solopos.com, KARANGANYAR - Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021). Total sebanyak 55 kendaraan dari luar Jateng yang akan melintas melalui Cemara Kandang, Tawangmangu, Karanganyar harus putar balik.
Kapospam Pos Penyekatan Cemara Kandang, Ipda Teguh Sarwono, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP M. Syafi Maulla, mengungkapkan hal ini kepada solopos.com, Sabtu. Dia mengatakan jumlah kendaraan dari luar Jateng yang mencoba masuk ke wilayah Karanganyar semakin meningkat pada momen hari kedua libur Lebaran. Peningkatan menurutnya sekitar 50 persen hingga 60 persen ketimbang Jumat (14/5/2021).
"Kemarin [Jumat] kan sudah meningkat sekitar 20 persen, ini meningkat lagi [jumlah kendaraan yang melintas] sekitar 50 persen ketimbang kemarin. Kebanyakan aktivitas ingin bertamasya ke Tawangmangu untuk kuliner dan destinasi wisata. Kendaraan juga kebanyak  pelat Jatim yang mencoba masuk," ungkap Kapospam.
Berdasarkan aturan, wisatawan dari luar Jateng tetap tidak boleh melintas di momen libur Lebaran 2021. Total, dari ratusan kendaraan yang mengalami pemeriksaan sebanyak 55 kendaraan yang kebanyakan berpelat AE [eks-Karesidenan Madiun] harus putar balik. Ada delapan kendaraan roda empat dan sisanya sepeda motor yang harus putar balik. "Kebanyakan kendaraan roda dua. Karena aturannya perjalanan antar provinsi termasuk wisatawan tidak boleh, kami tetap meminta mereka untuk kembali dan tidak boleh melintas," imbuh dia.
Selain meminta pengendara putar balik, sebanyak 41 sampel pengendara yang akan melintas menjalani tes cepat antigen. Hasilnya, seluruh pengemudi itu non-reaktif.  Kemungkinan puncak lalu lintas pengemudi yang akan berwisata akan terjadi pada Minggu (16/5/2021). "Ini sudah meningkat signifikan. Tapi kemungkinan besok [Minggu] masih banyak yang akan datang. Karena kan kebanyakan wisatawan lokal, jadi tidak ada aktivitas mudik, mereka masih berpotensi berwisata sebelum masuk kerja pada Senin," terang dia.
"Kami di tiap pos sudah ada tugas masing-masing. Untuk yang di Tawangmangu sudah punya rencana sendiri untuk mengurai kemacetan. Kami di sini fokus penyekatan dari luar Jateng," imbuh Ipda Teguh Sarwono.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago