SOLOPOS.COM - Petugas menyemprotkan disinfektan di area wahana permainan anak di Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Minggu (29/11/2020). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Keputusan terkait tetap dibuka atau ditutup sementara objek wisata di Wonogiri pada libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru akan diputuskan pada pekan depan, Senin (21/12/2020).

Plt Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Pranata, mengatakan terkait penutupan objek wisata pada libur Nataru, saat ini masih dalam tahap konsolidasi dengan pimpinan. Jika mengacu kepada instruksi pimpinan, arahnya ditutup sementara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tetangga Sempat Teriak Peringatkan, Ini Kronologi Kakek-Kakek Tersambar KA BBM di Sragen

"Kemungkinan besar ditutup. Namun keputusan pastinya pekan depan, sekaligus memberi surat edaran. Kami menunggu keputusan dari Pak Bupati," kata Pranata kepada wartawan, di Ruang Girimanik, Sekretariat Daerah Wonogiri, Jumat (18/12/2020).

Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala hal kemungkinan yang terjadi, baik ditutup maupun tetap dibuka. "Jika ditutup tentunya selama libur Natal dan Tahun Baru berlangsung. Kami belum bisa menentukan kapan dimulainya. Waktunya menyusul. Hingga saat ini objek wisata masih diperkenankan buka," kata Pranata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono, mengatakan pihaknya telah menerima berbagai masukan dari hasil rapat koordinasi lanjutan persiapan antisipasi dalam rangka menghadapi Nataru di Ruang Girimanik, Setda Wonogiri, Jumat.

Lapor Bupati

Hasil masukan dari berbagai pihak itu, kata dia, akan dilaporkan kepada Bupati pada Senin depan. "Kami tadi telah mendapat paparan epidemiologi dan persebaran Covid-19. Tentunya hal itu akan menjadi acuan ditutup tidaknya objek wisata," kata dia.

Haryono mengakui bahwa saat ini terjadi penambahan kasus Covid-19 yang signifikan. Selain itu, saat ini Wonogiri berada di zona merah persebaran Covid-19. Kondisi itu akan dipertimbangkan dalam rencana penutupan objek wisata pada akhir tahun.

Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19: Badan POM Pastikan Aman, Tinggal Tunggu Efektivitasnya

"Keputusan Senin. Mulai liburkan kan 24 Desember. Senin itu 21 Desember. Masih ada waktu sekitar tiga hari sebelum liburan dimulai untuk memutuskan dibuka tidaknya objek wisata," kata Haryono.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Wonogiri akan mempertimbangkan kembali penutupan sementara objek wisata pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Penutupan Wisata Dipertimbangkan Berdasarkan Perkembangan Covid-19 di Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya