SOLOPOS.COM - Umbul Sungsang Boyolali (Instagram/@wisataboyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Salah satu peninggalan Kerajaan Pengging, selain Umbul Pengging, adalah Umbul Sungsang. Umbul ini berada di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Tepat di dekat umbul ini ada sebuah makam keramat dari Zainal Abidin, seorang abdi dalem Keraton Kartasura yang juga anak santri dari Kyai Kalifah Syarif, ulama terkemuka dari Kerajaan Pengging kala itu.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Kamis (7/4/2022), makam ini kerap dikunjungi para peziarah setiap Jumat Pahing. Para peziarah ini melakukan tradisi kungkum atau berendam dengan kedalaman sampai pada leher selama 40 hari dengan tujuan supaya segala keinginan terwujud.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di area Umbul Sungsang terdapat empat kolam denan kedalaman bervariasi. Kolam utama yang merupakan kolam terbesar memiliki kedalaman kurang lebih 150 cm dengan bentuk memanjang seperti layaknya sebuah sungai.

Baca juga: Sejarah Kerajaan Pengging Boyolali

Kemudian kolam kedua memiliki kedalaman sekitar 50 cm yang cocok untuk para pengunjung yang datang membawa anak-anak. Lalu ada kolam ketiga dan keempat yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kedua kolam ini disekat oleh tembok dan terpisah dengan kolam utama sehingga seperti kolam privat.

Kolam ketiga ini memiliki kedalaman sekitar 180-200 cm, sementara kolam keempat yang berada di sebelah dari kolam ketiga memiliki kedalaman sekitar 150 cm. Air yang ada di Umbul Sungsang ini sangat jernih dan dingin sehingga selalu menggoda siapapun untuk berendam.

Terkait mitos, berendam di Umbul Sungsang tidak hanya membuat keinginan terkabul namun konon air di Umbul Sungsang ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Selain itu, setiap menjelang bulan Ramadan, tempat ini juga ramai dikunjungi untuk ritual padusan atau ritual mensucikan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

Baca juga: Kerajaan Pengging Boyolali, Penguasa Jawa Setelah Demak

Peninggalan Kerajaan Pengging ini kini sudah menjadi destinasi wisata yang digemari warga.Selain airnya yang jernih, tiket masuknya juga murah, yaitu berkisar Rp5.000/orang. Sementara untuk biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk roda empat atau mobil.

Lokasi umbul ini sangat dekat dengan Umbul Pengging dan Alun-Alun Pengging yang hanya berjarak 150 meter saja atau satu menit saja. Untuk lebih jelasnya, lokasi Umbul Sungsang ini juga sudah terlacak di peta digital yang terpasang di gawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya