SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung berenang di Umbul Pengging yang sudah kembali buka, Sabtu (12/9/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Wisata pemandian Umbul Pengging, yang berada di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, sudah kembali buka. Sebelumnya, sejak Maret 2020, lokasi tersebut ditutup untuk umum karena pandemi Covid-19.

Saat Solopos.com, mengunjungi lokasi wisata tersebut, Sabtu (12/9/2020) pagi, beberapa kendaraan bermotor terlihat memasuki gerbang utama kawasan Umbul Pengging. Beberapa karyawan pun terlihat menyambut para pengunjung sambil meyodorkan alat pengukur suhu tubuh ke setiap pengunjung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengelola Umbul Pengging, Wardoyo, mengatakan pembukaan kembali Umbul Pengging telah dilakukan sejak Sabtu (5/9/2020). "Dulu ditutup sekitar 20 Maret 2020. Sebenarnya ini dibolehkan buka tangga 1 [September]. Tapi karena ada persiapan dan sebagainya, kemudian kami buka tanggal 5 September kemarin," kata dia kepada wartawan, Sabtu.

Viral Jalur Gowes Gadis Desa, Pesepeda Bisa Foto dengan Wanita Berkemben di Tepi Sungai

Berdasarkan pantauan Solopos.com, di Embung Temanten, salah satu lokasi pemandian di kompleks Umbul Pengging, terlihat sudah ada beberapa pengunjung yang berenang, meskipun tidak banyak. Di kolam-kolam untuk anak-anak juga sudah ada pengunjung yang memanfaatkan. Jumlah pengunjung yang terlihat paling ramai di lokasi itu adalah di Umbul Ngabean. Pengunjung rata-rata adalah para remaja.

Mengenai jumlah pengunjung yang datang, Wardoyo menyebut jumlahnya belum sebanyak dulu sebelum adanya pandemi Covid-19. Diperkirakan kunjungan saat ini kurang dari 50% dibandingkan sebelum adanya Covid-19. Dia berharap kondisi pandemi Covid-19 berangsur membaik.

"Pengunjung belum seperti dulu. Masih didominasi pelanggan rutin. Biasanya yang datang untuk terapi," kata dia.

Protokol Kesehatan

Dia mengatakan para pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya menjalani pemeriksaan suhu badan dulu sebelum masuk gerbang masuk. Selain itu diharapkan para pengunjung juga menkaga jarak.

Salah satu pengunjung, Irwan, dari Karanganyar, mengatakan dirinya mengetahui informasi dibukanya kembali Umbul Pengging Boyolali sejak sepekan lalu dari teman-temannya. Tapi baru datang ke lokasi pada Sabtu kemarin. Irwan merupakan salah satu pelanggan Umbul Pengging.

Setiap pekan selalu datang ke lokasi tersebut untuk berenang bersama teman-temannya. "Sebelum pandemi Covid 19, sepekan paling tidak dua hingga tiga kali datang untuk berenang. Setelah tahu tempat ini buka kembali, tentu kami antusias. Kami senang bisa olahraga renang lagi," kata dia.

Meski ada rasa waswas akibat pandemi Covid-19, dia berharap tidak ada masalah. "Waswas sih ada, soalnya tidak tahu pengunjung di sini itu datang dari mana saja, kondisinya seperti apa. Ya pokoknya jaga kondisi [diri] saja," lanjut dia.

Rencana Penerapan PSBB DKI Jakarta, Ini KA Jarak Jauh yang Tetap Beroperasi

Mengenai pembukaan lokasi wisata tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Susilo Hartono, mengatakan jika saat ini pengelolaan lokasi wisata maupun sarana olahraga mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Boyolali No. 49/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di Kabupaten Boyolali.

"Tetap berpegang pada Perbup No. 49 tahun 2020," kata dia melalui pesan singkat yang diterima Solopos.com belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya