SOLOPOS.COM - Stonehenge, wisata pra sejarah berupa tumpukan batu di Inggris (Instagram/@maureen_paley)

Solopos.com,  SLEMAN — Stonehenge merupakan objek wisata berupa susuan pilar bebatuan besar yang sangat terkenal karena kemisteriusannya. Wisata ini terletak di Amesbury, Wiltshire, Inggris yang kabarnya sudah ada sejak zaman perunggu dan neolitikum.

Situs bersejarah tersebut telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara di dunia karena keeksotisan pilar-pilar batu yang sangat ikonik dan mengundang decak kagum. Namun jika ingin menikmati suasana wisata Stonehenge tidak perlu jauh-jauh ke Inggris karena harus merogoh kantong yang dalam.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Cukup datang saja ke Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, rasa keingintahuan wisatawan terkait Stonehenge di Inggris akan terbayarkan. Mengutip situs Okezone.com, Sabtu (7/8/2021), replika Stonehenge yang ada di Yogyakarta, tepatnya berada di kawasan The Lost World Castle ini merupakan objek wisata yang terbilang baru dan sedang tren di kalangan pengguna jejaring sosial Instagram.

Baca Juga : Mimpi Bertemu Pocong Masih Dipercaya Datangkan Rezeki

Wisata Stonehenge di Kabupaten Sleman
Wisata Stonehenge di Kabupaten Sleman (Instagram/@exploresleman.ig)

Selain bentuknya yang nyaris mirip dengan Stonehenge di Inggris, tumpukan batu itu tidak kalah menarik juga untuk dijadikan latar belakang foto. Susunan batu-batu itu sengaja dibuat sedemikian rupa dengan lahan yang berbentuk melingkar.

Batu-batu berjejer dan berdiri dengan rapi mengelilingi lahan dan beberapa diantaranya tersusun memyambung dengan batu yang ada di atasnya. Sementara yang lainnya berdiri sendiri. Rumput yang juga indah dan berwarna hijau dapat membuat foto yang diambil oleh wisatawan terlihat mengesankan dan tampak seperti sedang berada di Stonehenge sungguhan, di Inggris.

Batu-batu yang disusun ini merupakan bebatuan besar sisa dari erupsi Gunung Merapi. Lokasi replika Stonehenge ini bisa ditempuh dalam waktu 60 menit dan lokasinya sendiri tepatnya ada di Dusun petung, Desa Kehuharjo, Kecamatan Cangkringan.

Baca Juga : Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Waktu kunjung paling bagus adalah waktu sore hari karena pancaran sinar senja dari matahari terbenam akan mendukung hasil foto yang diambil. Selain replica Stonehenge, kawasan wisata ini juga menyediakan museum bernama Museum Sisa Hartaku. Ada pula bungker Kali Adem dan tentu saja Lava Tour Merapi untuik menjelajahi lereng Merapi dengan mengendarai jeep wisata. Untuk masuk di kawasan wisata Stonehenge, pengunjung hanya membayar tiket masuk Rp5.000 saja dan sudah bisa berswafoto sepuasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya