SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Wisata Sleman yang selama ini menjadi daya tarik utama adalah Candi Prambanan. Candi Perwara yang ada kompleks Candi Prambanan akan segera dipugar Februari 2015 mendatang.

Solopos.com, YOGYAKARTA – Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta akan memulai pemugaran satu dari sekitar 200 Candi Perwara yang ada kompleks wisata Candi Prambanan di Kabupaten Sleman Februari 2015.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, Jumat (9/1/2015) mengatakan pemugaran Candi Perwara yang ada di kawasan wisata Candi Prambanan, Sleman akan dimulai tahun ini dengan target menyelesaikan satu candi dalam setahun.

“Februari nanti, setelah dana turun dari pusat akan langsung melakukan pemugaran,” ucapnya terkait pemugaran Candi Perwara yang ada di kawasan wisata Candi Prambanan Sleman.

Menurutnya, satu candi perwara yang akan dipugar tersebut diperkirakan akan selesai pada November 2015.

“Pemugaran memang cukup lama, karena tingkat kesulitan yang tinggi dalam menggabungkan bebatuan yang masih berserakan di kawasan tersebut. Apalagi, ada bebatuan yang juga masih belum ditemukan,” lanjutnya sebagaimana diberitakan kantor berita Antara, Jumat (9/1/2015).

Ia mengatakan pihaknya tak akan mungkin untuk melakukan pencetakan batu yang hilang karena ia menganggap hal itu sama saja membohongi sejarah kepada generasi penerus. “Kami hanya bisa menyanggupi satu Candi Perwara, satu tahun. Sebelumnya memang diminta pusat agar bisa lima candi,” katanya.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, Candi Perwara dengan tinggi sekitar 13,6 meter merupakan candi pendukung di kompleks wisata Candi Prambanan di Sleman yang jumlahnya tak kurang dari 224 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya