SOLOPOS.COM - Wisatawan memadati kompleks Candi Prambanan pada libur akhir tahun 2017. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Sleman ikuti dua pameran di luar negeri.

Harianjogja.com, SLEMAN–Kabupaten Sleman bakal mengikuti dua pameran pariwisata di luar negeri. Selama ini turis dari Eropa tercatat paling banyak mengunjungi Sleman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk mempromosikan wisata di wilayah ini dua pameran berkelas internasional akan diikuti Pemkab Sleman yakni Matta Fair di Kuala Lumpur, Malaysia dan Tong Tong Fair di Den Haag, Belanda.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih mengatakan jika kegiataan promosi akan ditingkatkan dengan pameran, tarvel dialog, dan fam trip. Menyasar wisatawan mancanegara juga berkaitan dengan target kunjungan asing dari kementriaan maka promosi di luar negeri akan dilakukan untuk mencapai target tersebut. “Niatannya adalah meningkatkan kunjungan wisatawan, kita langsung ke pasar asing,” katanya, Kamis (28/12/2017).

Ning menambahkan akan dilakukan pula penambahan kualitas event di Sleman dalam rangka mendongkrak jumlah kunjungan wisata. Sebabnya, keberadaan even-even ini telah terbukti mampu meningkatkan jumlah wisatawan sebagaimana yang terjadi selama tahun ini.

Kus Endarto, Kasie Analisa Pasar Dinas Pariwisata Sleman menyampaikan jika per 31 Oktober maka wisatawan asing yang masuk ke Sleman melalui bandara Adisutjipto didominasi dari Asia Pasifik, disusul Eropa, dan Amerika. “Paling banyak dari Malaysia, Jepang ternyata turun dan bahkan tidak masuk tiga besar,” terangnya. Dibandingkan dengan periode serupa tahun sebelumnya, jumlahnya sendiri meningkat sebesar  28,38% dari 91.871 wisatawan asing,

Lonjakan tertinggi berasal dari Eropa sebesar 34,98%, diikuti Amerika sebesar 29,10%, dan Asia Pasifik 24,35%. Untuk kawasan Asia Pasifik, tiga besar negara asal wisatawan adalah Malaysia 64,44%, Singapura 15,60%, dan Tiongkok 4,33%. Sedangkan untuk kawasan Eropa, kebanyakan dari Perancis 26,67%, Jerman 13,49%, dan Inggris sebesar 11,87%.

Wisatawan dari kawasan Amerika, didominasi oleh wisatawan dari Amerika Serikat, dan wisatawan dari kawasan Afrika didominasi oleh wisatawan dari Mesir yaitu 44,57%, Arab Saudi hingga 28,26%, dan Yaman 16,30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya