SOLOPOS.COM - Lantingah sedang menanami ulang padi di sawahnya di Dusun Karangasem, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul yang tergenang air sejak hujan deras mengguyur Wonosari kemarin sore,Jumat (22/1). Foto diambil Sabtu (23/1/2016) (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Sleman untuk TCW optimis dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

Harianjogja.com, SLEMAN– PT Taman Wisata Candi (TCW) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menargetkan jumlah kunjungan wisatawan 5,99 juta orang. Dari jumlah tersebut, 5,4 juta orang berasal dari wisatawan nusantara (wisnus) dan 572.350 wisatawan mancanegara (wisman).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Departemen Pemasaran PT. TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Emelia Eny Utari mengatakan, target kunjungan wisatawan ke tiga candi tersebut meningkat sedikit dibandingkan tahun lalu. Selama 2015, total jumlah wisnus yang berkunjung 5,2 juta orang sementara wisman mencapai 466.935 orang.

“Tahun ini banyak libur panjang akhir pekan. Mudah-mudahan itu bisa mendongkrak pertumbuhan jumlah pengunjung ke tiga candi,” katanya di sela-sela TWC Customer Award “Partnership in Harmony” Sabtu (23/1/2016) di Ramayana Balet, Prambanan, Sleman.

Diakuinya, selama 2015 jumlah kunjungan wisman masih belum mencapai target. Hal itu dikarenakan kondisi dan situasi ekonomi yang dinilai kurang mendukung. Berbeda dengan kunjungan wisnus yang menurutnya melebihi dari target yang dicanangkan.

“Peningkatan wisnus mencapai antara 10-15 persen. Selain kalangan pelajar dan mahasiswa, kunjungan ke tiga candi itu juga banyak dari keluarga,” tandasnya.

Dijelaskan Emelia, isu keamanan menjadi salah satu syarat agar jumlah kunjungan wisatawan meningkat. Terutama, untuk menggaet wisman. Jika masalah keamanan tidak tertangani hal itu akan memukul semua destinasi wisata. Terkait masalah keamanan tersebut, TCW telah berkoordinasi dengan pihak berwajib.

“Peningkatan keamanan pasti ada (pasca-aksi terorisme di Thamrin, Jakarta). Kami juga akan meningkatkan pelayanan kepada pengunjung untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Disinggung soal TCW Costumer Award 2015, Emelia menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan kepada pelanggan setia dan mitra perusahaan ini yang sudah banyak memberikan kontribusi, serta menjalinan kerja sama yang baik. Seperti, alat transportasi, penyewaan lahan dan pembelian tiketing.
“Di antaranya Manohara dan Ramayana Balet. Total ada 18 penerima award tergantung kategorinya,” kata dia.

Dengan pemberian award tersebut diharapkan para mitra kerja dapat terus menjalin hubungan yang harmonis secara terus menerus dan berkesinambungan di masa mendatang. Sebab, perkembangan dunia pariwisata tidak lepas dari dukungan semua pihak. “Kami mengapresiasi kerjasama dengan para mitra kerja, sehingga kami memberikan penghargaan tersebut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya