Wisata Sejarah Ke Semarang
Solopos.com|lifestyle

Wisata Sejarah Ke Semarang

Bagi Anda yang senang belajar sejarah tentang Indonesia, kota Semarang merupakan kota yang pas untuk Anda tuju.

Solopos.com, SEMARANG -- Bagi Anda yang senang belajar sejarah tentang Indonesia, kota Semarang merupakan kota yang pas untuk Anda tuju. Kota Semarang dulunya merupakan kawasan kerajaan Mataram kuno dan juga sempat dimiliki penuh oleh VOC pada jaman penjajahan Belanda.

Ada banyak sekali situs-situs dan tempat bersejarah di kota ini. Mulai dari alamnya, hingga gedung-gedung museum, tentunya membutuhkan beberapa hari untuk benar-benar dapat menelusuri kota ini.

Berikut adalah beberapa tempat bersejarah di Semarang yang bisa Anda kunjungi.

Lawang Sewu di seputaran Tugu Muda, Jl. Pemuda, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). (kemdikbud.go.id)
Lawang Sewu di seputaran Tugu Muda, Kota Semarang. (kemdikbud.go.id)

Lawang Sewu

Siapa sih yang belum pernah mendengar tentang tempat ini? Tempat yang seringkali dianggap mistis ini mempunyai banyak sekali nilai sejarah. Lawang Sewu dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api Belanda.

Bangunan ini memiliki 928 pintu dan 114 ruang kerja. Di museum Lawang Sewu, Anda dapat melihat sejarah perkembangan kereta api dari tahun ke tahun. Pada lantai dasar Lawang Sewu terdapat sebuah penjara bawah tanah.

Baca juga: Tips Liburan ke Banyuwangi

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng terbesar yang ada di Pulau Jawa. Klenteng ini didirikan untuk mengenang laksamana Cheng Ho. Di Klenteng ini, Anda dapat mempelajari kisah laksamana Cheng Ho mulai dari ketibaannya di Indonesia.

Walaupun menjadi tempat wisata, Klenteng ini masih tetap digunakan sebagai tempat beribadah. Turis tidak diperbolehkan untuk memasuki area dalam klenteng karena tempat ini khusus digunakan untuk berdoa saja.

Masjid Layur Semarang

Masjid yang merupakan masjid tertua di Semarang ini didirikan tahun 1802 oleh saudagar asal Yaman. Masjid Layur Semarang memiliki arsitektur bangunan yang unik dan menyerupai bangunan-bangunan dari Timur Tengah.

Masjid ini dulunya merupakan mercusuar yang digunakan untuk memantau kapal-kapal dagang yang lalu lalang di Semarang.

 rumah akar di kawasan Kota Lama Semarang (Instagram—tashasiahaan)
Rumah akar di kawasan Kota Lama Semarang (Instagram—tashasiahaan)

Baca juga: Gunung Gunung Terpopuler Di Pulau Jawa 

Kota Lama 

Memiliki suasana yang mirip dengan Kota Tua di Jakarta, Kota Lama Semarang sering dijuluki sebagai The Little Netherlands karena letaknya yang dikelilingi kanal dengan arsitektur bangunan-bangunan seperti di Eropa.

Di sini Belanda juga mendirikan sebuah benteng besar yang diberi nama Vijhoek. VOC mendirikan benteng ini untuk mengamankan warga Belanda. Di benteng ini pun pusat militer VOC terbentuk.

Simpang Lima

Tidak hanya terkenal karena surga kulinernya, Simpang Lima dulunya merupakan tempat yang dibangun karena amarah presiden Soekarno. Sebelum wilayah Simpang Lima dibangun, area ini dulunya adalah tempat penanaman bayam dan kangkung.

Alun-alun kota dan masjid Kauman diambil alih oleh pemerintahan setempat atau pihak ketiga. Hal ini membuat presiden Soekarno geram. Akhirnya, beliau pun meminta untuk dibangun alun-alun kota yang baru untuk dijadikan landmark dari kota Semarang.

Masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah di Semarang yang bisa Anda tuju. Keliling kota dalam 1 hari pun sudah pasti tidak cukup. Namun, jangan khawatir, ada banyak hotel nyaman yang tersebar di kota Semarang yang bisa Anda gunakan untuk bersinggah. Wisata pun menjadi lebih mudah jika Anda sudah memiliki tempat yang nyaman untuk bermalam.

Baca juga: Rekomendasi Staycation Mewah Di Surabaya

Lebih praktis lagi karena berbagai hotel terbaik di Semarang bisa Anda booking dengan mudah lewat aplikasi Traveloka. Apalagi, dengan fitur Traveloka CleanAccommodation Anda bisa temukan kurasi akomodasi yang telah menjalankan protokol dan standar kesehatan serta kebersihan sesuai anjuran otoritas setempat sehingga kamu tak perlu khawatir lagi dalam memilih akomodasi yang aman baik untuk liburan ataupun staycation.

Jadi, sudah siap jelajahi lebih banyak destinasi wisata sejarah di Semarang?

 

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago