SOLOPOS.COM - Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di jalur pertemuan Bengawan Solo dan Bengawan Madiun, tepatnya di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (JIBI/Solopos/Antara)

Wisata Ngawi yakni Benteng Pendem diusulkan menjadi cagar budaya nasional.

Madiunpos.com, NGAWI – Pemerintah Kabupaten Ngawi berniat mengusulkan Benteng Van Den Bosch Ngawi atau yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendem Ngawi di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, menjadi cagar budaya nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan pihaknya mendapat kunjungan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Lokot Ahmad Enda, baru-baru ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pemkab Ngawi akan terus mendorong upaya pengembangan destinasi wisata di kabupaten setempat, termasuk Benteng Pendem yang sangat menyita perhatian Asdep. Butuh dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah pusat untuk merevitalisasi Benteng Pendem dan menjadikannya cagar budaya,” ujar Ony kepada wartawan, Rabu (14/6/2017).

Menurut dia, hasil tinjauan Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Budaya, Benteng Pendem Ngawi sangat luar biasa. Benteng tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni pilar asli benteng yang berdiri sejak tahun 1845 dan hal itu tidak dimiliki benteng lain di Indonesia.

“Itulah nilai plusnya Benteng Pendem Ngawi hingga berpotensi menjadi cagar budaya nasional,” kata dia.

Ony menjelaskan Asdep Kemenpar juga memberikan arahan pengembangan destinasi wisata maupun potensi cagar budaya di Ngawi.

Dalam arahan tersebut, Pemkab Ngawi diminta mengajukan izin ke Kemendikbud agar bisa mendorong audiensi Benteng Pendem menjadi cagar budaya. Apalagi benteng tersebut sudah didukung dengan masterplan lengkap. Hal itu menunjukkan rencana induk pengembangan wisata di Ngawi sudah berjalan.

Selain Benteng Pendem, Ngawi juga memiliki Museum Trinil yang tak kalah potensinya. Menurut Asdep, dua hal tersebut bisa menjadi ikon Ngawi. Di mana saat ke Ngawi, otomatis akan ingat Benteng Pendem dan Museum Trinil.

Untuk itu, komitmen pemkab setempat menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas juga perlu dan harus didukung masyarakat. Karenanya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi juga harus memiliki rencana detail demi pengembangan destinasi wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya