SOLOPOS.COM - Wisatawan menyambangi Benteng Pendem Van Den Bosch di Ngawi, Minggu (5/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Wisata Ngawi menarik perhatian banyak wisatawan pada libur Hari Natal 2015.

Madiunpos.cm, NGAWI — Ratusan pengunjung memadati tempat wisata sejarah Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jatim, pada liburan Hari Natal 2015yang bersamaan dengan libur sekolah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data Batalyon Armed 12 Ngawi selaku pengelola Benteng Pendem Ngawi, Jumat (25/12/2015), pengunjung mulai banyak berdatangan ke lokasi setempat sejak hari Senin (21/12/2015) seiring dimulainya libur sekolah. Setiap harinya, jumlah pengunjung yang datang mencapai ratusan orang.

Seorang pengunjung, Selly, mengatakan selain ingin mengetahui nilai sejarah yang ada di lokasi setempat, tujuannya datang ke Benteng Pendem Ngawi adalah untuk mengagumi keindahan dan kekokohan bangunan benteng tersebut yang bergaya Eropa. “Tempatnya sangat asyik. Sarat nilai sejarah dan kondisi bangunan bentengnya masih sangat kokoh meski sudah berusia ratusan tahun,” ujar Selly kepada wartawan.

Ia mengaku cukup senang dengan dibukanya Benteng Pendem Ngawi sebagai tempat tujuan wisata baru di Kabupaten Ngawi. Diharapkan, potensi nilai sejarah yang terkandung di dalamnya dapat dikembangkan untuk menjadikan Benteng Pendem sebagai tempat tujuan wisata andalan di Kabupaten Ngawi.

Wisatawan Terus Meningkat
Komandan Batalyon Yon Armed 12 Ngawi, Mayor Armed Joko Setiyo Kurniawan, mengatakan sesuai data yang ada sejak dibuka untuk umum tiga tahun yang lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung terus meningkat dari tahun ke tahun. “Awal dibuka dulu, rata-rata jumlah wisatawan yang datang sekitar 2.000 orang/bulan. Kemudian naik menjadi 2.500 orang/bulan di tahun kedua dan saat ini mencapai 3.000 orang/bulan,” kata Mayor Armed Joko.

Pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Ngawi berusaha membenahi Benteng Pendem Ngawi untuk menjadi tempat wisata andalah di kabupaten setempat.

Permudah Transportasi
Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi terletak di jalur pertemuan Bengawan Solo dan Bengawan Madiun, tepatnya di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Benteng itu dibangun oleh Gubernur Jenderal Defensieljn Van Den Bosch sekitar dua abad lalu atau pada tahun 1839, dengan memanfaatkan keberadaan aliran Bengawan Solo dan Bengawan Madiun. Selain berfungsi untuk zona pertahanan, pembangunan benteng itu dulunya juga untuk memudahkan arus tranportasi di aliran dua sungai.

Setelah kemerdekaan, benteng tersebut digunakan oleh TNI AD dalam hal ini Yon Armed 12 sebagai gudang senjata. Setelah tidak lagi digunakan sebagai gudang senjata oleh Yon Armed 12, Benteng Pendem Ngawi kini telah dibuka untuk umum sebagai objek wisata sejak akhir tahun 2011.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya