[ X ] CLOSE

Wisata Lembah Nirwana, Terasa Seperti di Surga

Lembar Nirwana di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menawarkan pengalaman wisata yang seru serasa seperti di surga.
Wisata Lembah Nirwana, Terasa Seperti di Surga
SOLOPOS.COM - Pemandangan gemerlap bintang di Lembah Nirwana (Sumber: rri.co.id)

Solopos.com, KENDAL — Desa Gondang yang terletak di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kedal yang disebut sebagai Desa Wisata Percontohan. Anda bisa melihat keindahan gemerlap bintang di desa wisata yang satu ini, tepatnya di Lembah Nirwana.

Dilansir dari laman Instagram @liputan.kendal.terkini, Kamis (14/10/2021), sejumlah keindahan alam yang dimiliki dan menjadi unggulan di Desa Gondang ini adalah Curug Parleburgongso, Curug Cemara Kembar, Lembah Nirwana, Taman Sayur, dan Paket Kegiatan Wisata yang menawarkan penginapan serta penawaran pentas seni Mina Wisata

Kepala Desa (Kepdes) Gondang, Yudi Santoso mengaku bahwa aparatur desa setempat terus melakukan sejumlah langkah untuk mengembangkan sektor pariwisata di desa yang dia pimpin, Master Plan pengembangan Desa Wisata Gondang diciptakan dengan menyediakan paket liburan, baik bagi keluarga maupun komunitas.

Baca Juga: Nikmatnya Nyeruput Teh Hitam di Tengah Sejuknya Kaligua

Sementara itu, dilansir dari Rri.co.id, salah satu keunggulan wisata desa wisata percontohan tersebut adalah Lembah Nirwana yang menyuguhkan pemandangan gemerlap bintang di malam hari. Wilayah yang luasnya sekitar 2.000 meter persegi ini memberikan suasana cahaya lampu yang gemerlap  layaknya perkotaan dari bintang-bintang di langit.

Namun, untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas bintang-bintang di langit, pengunjung  bisa meminta petugas untuk mematikan lampu-lampu taman. Sedangkan waktu yang tepat untuk menikmati gemerlap bintang adalah antara bulan Juli dan Agustus karena periode bulan tersebut dikenal dengan masa transisi yang membuat udara sejuk dan langit cerah.

Pengunjung yang ingin menginap juga disediakan tiga bungalow yang disewakan disamping ada aula yang sederhana untuk acara reuni maupun acara keluarga. Lokasi wisata Lembah Nirwana memang sesuai namanya, yaitu terletak di tepi lembah yang curam sehingga dimungkinkan ke depan dikembangkan menjadi Wisata Petualangan bagi para pecinta alam.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Desa di Banyumas ini Mirip Sangeh Bali, Penasaran?

Dalam hal ini, Kepdes Yudi mendukung jika ada investor yang ingin mengembangkan wisata petualang dan untuk camping ground atau glamping serta wisata edukasi satwa dan fauna, karena potensi alam di desanya sangat memungkinkan.

Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung industri wisata alam  juga tidak ada masalah, melalui Pokdarwis( Kelompok Sadar Wisata) masyarakat setempat siap menyongsong Desa Gondang sebagai obyek wisata alam andalan.

Untuk menuju Desa Gindang ini, dari arah Semarang Barat menggunakan jalur Krapyak -Ngaliyan dan jalur Semarang Selatan bisa mengambil jalur Ungaran-Bandungan-Semowono-Boja Bantir



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago