SOLOPOS.COM - Panorama Air Terjun Kedung Kayang dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu (Instagram/@kedungkayangwaterfall)

Solopos.com, MAGELANG — Dikenal dengan kawasan yang kaya akan wisata alam, Kabupaten Magelang menawarkan beragam panorama alam yang dapat menyejukan pikiran dan hati para pengunjungnya, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kayang.

Mengutip laman Instagram @officialwisatamagelang, Rabu (21/07/2021), Air Terjun Kadang Kayang berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali. Air terjun ini sangat eksotis dan patut dijadikan sebagai tempat liburan.

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Dari ketinggian kawasan Air Terjun Kedung Kayang ini,  pengunjung juga dapat menyaksikan panorama alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga para pendatang dapat mengabadikan foto keindahan panorama di sana.

Baca Juga: Kerajinan Unik dari Magelang Berbahan Dasar Ijuk Sapu

Namun di balik keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini terdapat kisah mistis yang menyelimutinya. Di awali dengan nama air terjun, yaitu Kedung Kayang yang terdiri dari dua kata, ‘Kedung’ berarti air terjun dan ‘Kayang’ berarti langit.

Air terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang (Instagram/@kedungkayangwaterfall)

Konon diceritakan bahwa air terjun ini terjadi pertemuan tiga empu sakti, yaitu : Empu Putut, Empu Khalik dan Empu Panggung. Pertemuan para empu ini bertujuan untuk mengadu kekuatan yang disebut ‘Tanding Balang’ yang dalam Bahasa Jawa berarti adu lempar.

Tanding Balang dilakukan oleh ketiga empu saat memasuki bulan Suro dan pada pertandingan tersebut, siapa yang bisa melempar telur angsa ke arah kedung namun masih utuh, akan menjadi pemenangnya. Sayangnya, ketiga telur angsa tersebut pecah dan masuk ke kedung.

Baca Juga: Patenkan Varietas Baru, Pemkab Magelang Riset Padi

Para empu tersebut kemudian menelusuri tebing untuk melihat ke arah kedung dan anehnya tidak ditemukan cangkang telur yang pecah. Dari pecahan telur inilah muncul mata air yang kering. Sejak saat itu, setiap malam Jumat kliwon, bulan Suro, selalu terdengar suara atau alunan gamelan Jawa yang nyaring.

Selain malam Jumat Kliwon, pada Kamis Wage, tepat pada hari pasaran tersebut konon banyak kera yang berkumpul di atas Kedung Kayang. Kemisteriusan Air Terjun Kedung Kayang dengan segala macam legenda dan mitosnya menjadi daya tarik yang tidak bisa ditampik.

Disamping sisi misteri yang berasal dari legenda dan mitos, Air Terjun Kedung Kayang ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu satu air terjun yang menyajikan dua spot yang berbeda dan tentu saja menawarkan sensasi yang berbeda pula.

Baca Juga: Ini Dia Masjid Berarsitektur Khas Tiongkok di Magelang

Spot yang pertama adalah menikmati kendahan Air Terjun Kedung Kayang, beserta panorama alam sekitar dari atas air terjun yang terdapat banyak bebatuan. Saat musim hujan, debit airnya sangat keras karena memang sumber mata air di Kedung Kayang ini berasal dari sungai.

Spot yang ke dua berada di area kolam Air Terjun Kedung Kayang. Air yang turun sangat deras sekali, hal itu dikarenakan Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, serta menjadi salah-satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Karena memiliki latar pemandangan dua gunung besar di Jawa Tengah, terdapat spot swafoto berupa gardu pandang yang sudah pasti diburu oleh para kaum milenial untuk berswafoto ria. Untuk bisa berswafoto ria di gardu pandang ini, para pengunjung harus membayar Rp5.000 per orang serta jasa fotografer sebesar Rp2.500 untuk satu foto dalam bentuk softfile.

Lokasi dan alamat Air Terjun Kedung Kayang berada di Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Namun selama PPKM Level 1-4 ini, wisata Kedung Kayang masih tutup sampai pemerintah pusat memberikan arahan terkait perenggangan pembatasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya