Wisata Kedung Bening Pemalang, Suguhkan Pengalaman Seperti di Martvili Canyon Georgia

Kedung Bening yang berada di Desa Majalangu,  Kecamatan Watukumpul ini memberikan suasana Martvili Canyon versi mini.
Wisata Kedung Bening Pemalang, Suguhkan Pengalaman Seperti di Martvili Canyon Georgia

Solopos.com, PEMALANG — Di Negara Georgia yang terletak di perbatasan benua Asia dan Eropa, terdapat tebing bebatuan atau ngarai yang dipisahkan  dengan aliran sungai yang sangat jernih. Mengutip situs Apa.gov.ge, Selasa (20/7/2021), ngarai ini dinamai Martvili Canyon Natural Monument yang beradai di Martvili Municipality, Provinsi  Samagrelo-Zemo Svaneti,Gerogia.

Dinding ngarai ini memiliki ukuran panjang 700 meter dan terdapat 2 jembatan dan 3 gardu pandang serta 30 anak tangga yang dibangun oleh kelompok besar penambang batu. Ngarai ini memiliki keindahan yang tiada tara, dimulai dari batu tebingnya yang masih alami dan aliran sungai yang kernih memberikan rasa tenang bagi pengunjung.

Untuk bisa menikmati suasana ngarai ini, tidak perlu jauh-jauh sampai ke Georgia karena di Pemalang, Jawa tengah, juga terdapat  wisata alam yang hampir serupa. Melalui laman Instagram @pemalang.hits, tempat bernama Kedung Bening yang berada di Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul ini memberikan suasana Martvili Canyon versi mini

Martvili Canyon, Georgia (1)
Martvili Canyon, Georgia (Instagram/@misskuzmina)

Baca Juga: Ganjar : Kebersihan RS Percepat Kesembuhan Pasien

Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dengan bermain air di sungainya yang jernih serta berswafoto ria. Berbeda dengan sungai yang lain, sungai yang ada di Kedung Bening ini bisa berubah warna menjadi hijau bening dari hijau biasa dikarenakan pengaruh reaksi mineral yang ada di dalamnya.

Kedung Bening atau telaga kecil ini terbentuk karena adanya proses erosi bebatuan oleh sungai dan air hujan yang kemudian membentuk sebuah cekungan dan seperti yang sudah disebutkan, saat musim kemarau warna air sungai bisa terlihat jernih karena reaksi mineral namun saat musim hujan tiba, warna air akan kembali keruh.

Tempat ini masih belum populer di kalangan masyarakat sehingga masih sepi pengunjung. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya. Tidak puas dengan berengang di aliran cekungan air, pengunjung bisa untuk menantang adrenalin dengan meloncar dari atas bebatuan yang ada di sekitaran kedung atau ngarai ini.

Baca Juga: BUMDes Penggarit Angkat Potensi Desa Wisata Hutan Lindung

Wisata Kedung Bening di Watukumpul ini bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas minim di antaranya sebagai berikut – Area Parkir kendaraan – Mushola – Kamar mandi / MCK – Tempat Istirahat – dan masih ada lainya

Untuk bisa menuju ke kawasan ini, lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi dan mengikuti arahan yang ada di Google Map. Namun jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa mengambil bus/angkutan umum tujuan Kecamatan Watukumpul setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Desa Majalangu lalu berjalan kaki hingga sampai di lokasi Wisata Kedung Bening di Watukumpul Pemalang tersebut


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago