SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tebing Breksi Jogja. (visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang memiliki sederet objek wisata yang menarik. Ada banyak lokasi atau tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jogja, salah satunya adalah Tebing Breksi.

Mengutip dari laman visitingjogja.jogjaprov.go.id, Tebing Breksi dulunya merupakan area atau kawasan pertambangan batuan alam. Namun sejak 2014, aktivitas pertambangan tersebut ditutup karena berkaitan dengan aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akhirnya, kawasan pertambangan di Tebing Breksi Jogja ini pun dialihfungsikan menjadi tempat wisata pada 2015 lalu. Sejak saat itu, Tebing Breksi pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke DIY dan sekitarnya.

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati sederet keindahan alam. Salah satunya Puncak Tebing Breksi di mana pengunjung bisa menikmati pemandangan alam nan eksostik sisa area tambang.

Di Puncak Tebing Breksi, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Kota Jogja, Candi Barong, Candi Prambanan, Kraton Ratu Boko, Gunung Merapi hingga Gunung Merbabu.

Baca juga: Ongkos Sewa Jip Wisata di Tebing Breksi Naik Rp50.000, Segini Tarifnya Sekarang

Dahulu, Puncak Tebing Breksi hanya bisa dijangkau dengan menggunakan tali. Namun, saat ini Puncak Tebing Breksi setinggi 30-40 meter sudah bisa diakses dengan menggunakan tangga utama.

Tebing Breksi berada di wilayah Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Lokasi objek wisata ini dekat dengan Candi Prambanan, atau berada di sebelah selatan candi tersebut.

Dari Kota Jogja, Tebing Breksi hanya berjarak sekitar 20 kilometer (km). Jarak ini bisa ditempung kurang lebih 1 jam dengan menggunakan sepeda motor. Sementara itu, harga tiket masuk ke Tebing Breksi ini berkisar Rp10.000 per orang, atau mengalami kenaikan dari sebelumnya, yakni Rp5.000.

Baca juga: Awas! Ngerokok Sembarangan di Malioboro Jogja Bakal Didenda Rp7,5 Juta

Di objek wisata ini, pengunjung juga bisa menikmati sensasi menjelajahi Tebing Breksi dengan menggunakan jip wisata. Dikutip dari akun Instagram @tebingbreksi_official, tarif sewa jip wisata di Tebing Breksi berkisar mulai Rp360.000 hingga Rp600.000.

Untuk tarif Rp360.000, pengunjung bisa memilih rute atas mulai dari Tebing Breksi, Arca Gupolo, Candi Ijo, Selo Langit, dan Obelix Hills atau rute bawah mulai dari Tebing Breksi, Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo, Arca Gupolo, Selo Langit, dan Candi Ijo.

Sedangkan untuk tarif sewa jip wisata Tebing Breksi Jogja Rp450.000, pengunjung akan disuguhi rute dari Tebing Breksi, Candi Barong, Spot Riyadi, Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo, Arca Gupolo, dan Candi Ijo.

Sementara untuk tarif Rp600.000, rute yang diperoleh mulai dari Tebing Breksi, Candi Ijo, Selo Langit, Obelix Hills, Bukit Teletubies, Rumah Domes, Arca Gupolo, Candi Banyunibo, dan Tebing Banyunibo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya