SOLOPOS.COM - Candi Cetho Karanganyar (JIBI/Solopos/Dok)

Wisata Karanganyar yakni Candi Cetho menjadi lokasi pengambilan gambar serial televisi Arjuna.

Solopos.com, KARANGANYAR — Candi Cetho di Karanganyar menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar serial televisi kolosal bertema sejarah berjudul Arjuna. Alur cerita serial televisi yang akan tayang pada salah satu stasiun televisi swasta itu mengambil salah satu kisah pewayangan Mahabharata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa pemain yang ambil bagian pada serial itu seperti Rico Verald sebagai Arjuna, Barry Prima sebagai Bhisma, David Chalik sebagai Yudhistira, Ririn Dwi Aryani sebagai Dewi Subadra, Dian Sidik sebagai Karna, Randy sebagai Bima, Choky Andriano sebagai Duryudana, dan lain-lain.

Informasi yang dihimpun , mereka melakukan pengambilan gambar di Kompleks Candi Cetho pada Senin-Rabu (16-18/2/2015) lalu. Aktivitas itu membuat penasaran sejumlah pengunjung.

Seperti pemandu wisata dari Prima Tours Solo, Patrick Orlando. Dia membawa dua turis dari Paris, Rabu (18/2/2015).

“Kami harus menunggu mereka [kru dan pemain] menyelesaikan pengambilan gambar. Turis memaklumi bahkan mereka meminta foto dengan sejumlah pemain. Turis senang karena bisa berkenalan dengan artis laga Indonesia,” kata Patrick saat dihubungi , Minggu (22/2/2015).

Menurut Patrick, salah satu pemain pada serial Arjuna, Barry Prima, melayani setiap permintaan wisatawan maupun warga sekitar yang ingin berfoto. Puluhan warga di sekitar Kompleks Candi Cetho juga terlibat sebagai pemeran figuran.

Sementara itu Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Sri Ediningsih, menuturkan menerima permohonan dari rumah produksi di Jakarta. Sri Ediningsih menjelaskan tidak menyoal apabila Candi Cetho yang ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar.

Namun, BPCB Jateng mengajukan sejumlah syarat. “Tidak semua kru boleh masuk. Tidak boleh menggunakan peralatan berat.
Hanya boleh menggunakan tempat yang tidak rawan rusak,” ujar dia.

Sri Ediningsih menuturkan akan mengecek kondisi Candi Cetho setelah digunakan untuk pengambilan gambar. Dia mengaku belum menerima laporan terkait kerusakan candi setelah pengambilan gambar.

“Kami harap warga proaktif melaporkan apabila terjadi kerusakan pada candi. Sejauh ini memang belum ada laporan. Kami akan mengecek,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya