SOLOPOS.COM - WISATAWAN ASING

Wisata Jogja dari negara asing ditargetkan sebanyak 15 juta 

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Ratusan pelaku wisata dari Jogja dipertemukan dengan sejumlah travel agen dari dalam dan luar negeri pada Jogja Istimewa Travel Exchange (JITEX) 2017 di Sleman pada Selasa (4/4/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Forum ini salah satunya upaya untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 15 juta selama 2017.

Sedikitnya 139 pelaku wisata dan 66 agen perjalanan terlibat dalam kegiatan tersebut. Pelaku wisata terdiri dari pengelola objek wisata, pengusaha restoran, hotel, dan toko oleh-oleh.

Trindiana Tikupasang, Kepala Bidang Promosi dan Pameran Kementriaan Pariwisata mengatakan target kunjungan wisatawan juga termasuk 264 juta wisatawan nusantara selama tahun ini.

Karena itu, kegiatan itu menjadi pertemuan bisnis untuk mengenal destinasi wisata di Indonesia, khususnya Jogja yang juga menjadi salah satu lokasi unggulan. Selain melalui media cetak dan elektronik, cara ini menjadi promosi yang lebih tepat sasaran karena agen tersebut yang membawahi banyak grup wisatawan.

Selama ini, promosi wisata lebih banyak dari perusahaan ke konsumen langsung. Cara ini juga dianggapnya lebih efisien karena bisa langsung memberikan hasil angka pasti jumlah transaksi yang dilakukan.

“Jika cara promosi biasa, angkanya baru diketahui akhir tahun,” terangnya usai membuka acara.

Ia juga optimis target kunjungan bisa dicapai dengan melihat kesiapan sejumlah pelaku wisata di Jogja.

Rito Wibawono, pelaksana tugas (plt) ketua panitia acara, menyebutkan total transaksi selama satu hari ditargetkan mampu mencapai Rp4,5 miliar. “Tahun lalu kegiatan serupa mencapai Rp4,1 miliar dalam sehari,” jelasnya.

Serupa, ia menggap pertemuan dengan agen perjalanan lebih maksimal menarik pengunjung dengan jumlah yang lebih banyak.

Pihak pelaksana juga memastika jika agen perjalan yang ikut serta dalam kegiatan ini harus berasal dari luar Jogja. Salah satu agen perjalanan juga berasal dari negara tetangga, Malaysia, yang potensial berkunjung ke Indonesia, khususnya Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya