SOLOPOS.COM - Wisatawan di seputaran stupa utama Candi Borobudur. (JIBI/Solopos/Antara)

Wisata di Jawa Tengah (Jateng), destinasi utama wisatawan mancanegara ada di Kabupaten Magelang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kabupaten Magelang masih menjadi destinasi utama para wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Urip Sihabudin, menyebutkan dari 578.000 wisman yang berkunjung ke Jateng pada 2016, mayoritas memilih Kabupaten Magelang sebagai destinasi wisatanya.

“Ada 300.000 lebih wisman yang datang ke Magelang, sisanya ke Solo dan Semarang serta beberapa daerah lain,” ujar Urip saat menghadiri peresmian Kampung Homestay Borobudur di Kabupaten Magelang, Sabtu (23/9/2017), dikutip laman berita Antara.

Urip mengatakan wisman yang datang ke Magelang itu, mayoritas berkunjung ke Candi Borobudur. Tercatat, ada sekitar 276.216 wisman yang berkunjung ke objek wisata yang merupakan salah satu situs warisan dunia yang diakui badan khusus PBB, UNESCO, itu.

Kendati demikian, jumlah kunjungan wisman di Jateng itu masih jauh dari target yang diberikan Kementerian Pariwisata tahun 2019, yakni 1,2 juta wisman.

“Sekarang baru 578.000 wisman. Dalam tiga tahun ke depan harus kerja keras agar target kunjungan 1,2 juta wisman bisa tercapai pada 2019,” ujar Urip.

Untuk mendorong pertumbuhan kunjungan wisman itu, Kementerian Pariwisata memberikan tiga prioritas yang harus dikembangkan, yakni homestay, digitalisasi, dan akses penerbangan.

Urip menilai metode homestay dan digitalisasi itu telah dikembangkan oleh masyarakat di Dusun Ngaran II, Desa Borobudur, dengan mendirikan Kampung Homestay Borobudur dan meluncurkan website  www.kampunghomestayborobudur.com.

“Ini sungguh luar biasa dan kami mengapresiasi inisiasi seluruh masyarakat di lingkungan Borobudur ini,” imbuh Urip.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya