SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sungai Ampelgading, Pekalongan.

Wisata Jateng, Pemkot Pekalongan siap mengembangkan wisata di Sungai Ampelgading

Semarangpos.com, PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, akan mengembangkan sektor pariwisata sungai sebagai tempat tujuan wisata di daerahnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dishubparbud) Kota Pekalongan, Doyo Budi Wibowo, memngatakan bahwa pengembangan wisata sungai nanti akan difokuskan di daerah utara atau sekitar Sungai Ampelgading, Slamaran.

“Sungai Ampelgading saat ini sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah setiap tahunnya, karena objek wisatanya memiliki daya tarik,” ujar Doyo, Jumat (29/4/2016).

Salah satu daya tarik Sungai Ampelgading, lanjut Doyo, terletak pada aliran sungainya yang cukup tenang. Kondisi itu pun acap kali dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar lomba dayung.

“Oleh karena itu, Pemkot siap mengembangkan obyek wisata di Sungai Ampelgading, yakni dengan cara mempercantik kondisinya serta menambah beberapa fasilitas sehingga membuat wisatawan menjadi betah berkunjung,” imbuh Doyo.

Ia mengatakan pembangunan kawasan itu akan mencontoh di sekitar aliran Sungai Banjirkanal, Kota Semarang.

Sungai Banjir Kanal itu, kata dia, setelah direhabilitasi oleh Pemkot Semarang kondisinya sangat bagus karena disekitar tempat itu terdapat beberapa fasilitas yang sering didatangi masyarakat setempat maupun luar kota.

“Pengunjung bisa bersantai di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan sekitar. Oleh karena itu, jika program pembangunan sungai Ampelgading ini bisa terealisasi, kemungkinan besar Kota Pekalongan akan semakin ramai,” katanya.

Ia menambahkan pengembangan pariwisata ini diperkirakan bisa berimbas ke lokasi wisata lain karena lokasi berada dekat objek wisata lain seperti Pantai Slamaran, Pantaisari, mangrove, dan gedung museum batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya