SOLOPOS.COM - Candi Borobudur dipadati wisatawan.. (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Wisata Indonesia dari Kroasia terus tumbuh

Harianjogja.com, JOGJA—Pertumbuhan ekonomi Kroasia yang mencapai 3,4% pada kuartal keempat 2016 kemarin menjadikan negara di Eropa tenggara itu pasar potensial untuk menggaet wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Potensi pasar turis asing makin terbuka lebar karena Kroasia yang berpenduduk sekitar 4,2 juta jiwa itu, mampu mendatangkan rata-rata 12 juta wisman setiap tahunnya.

“Peluang baik untuk menjaring wisman asal Kroasia maupun Eropa yang sedang berada di Kroasia untuk berkunjung ke Indonesia,” ungkap Kuasa Usaha Ad-interim Kedutaan Besar Republik Indonesia Zagreb, Widjoseno Sastroamidjojo, dalam pers rilisnya kepada Harianjogja.com, Selasa (28/3/2017).

KBRI Zagreb mencatat data terakhir mereka pada 2014, kunjungan wisman asal Kroasia ke Indonesia baru di kisaran 2.504 orang. Jumlah yang diharapkan bisa bertambah pada tahun ini maupun ke depannya karena promosi wisata pemerintah Indonesia yang sekarang sudah sering dilakukan di Kroasia.

Promosi terbaru dilakukan pada 17-19 Maret kemarin dalam agenda pameran pariwisata terbesar di Kroasia, Place2Go. Pemerintah Indonesia mempromosikan 10 lokasi wisata baru yang dikemas dalam tajuk 10 New Balis.

Sebanyak 10 lokasi itu yakni Borobudur, Jawa Tengah; Mandalika, Lombok; Labuan Bajo, Flores; Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur; Kepulauan Seribu, Jakarta; Danau Toba, Sumatra Utara; Wakatobi; Tanjung Lesung, Jawa Barat; Morotai, Maluku; dan Tanjung Kelayang, Belitung.

Di partisipasinya tahun ini, KBRI Zagreb memboyong sebanyak tujuh agen perjalanan dari Indonesia dan empat agen perjalanan dari kawasan Eropa. Jumlah yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya diikuti satu agen perjalanan dan satu hotel.

Widjoseno menyatakan banyaknya agen perjalanan yang datang dari Indonesia itu merupakan bentuk pernyataan yang sangat jelas atas meningkatnya ketertarikan Indonesia untuk menemukan dan membuka pasar potensial di kawasan Eropa Tenggara.

“Salah satu misi Indonesia pada Place2Go tahun ini adalah membantu memperluas jaringan pemasaran produk wisata Indonesia di kawasan eropa tenggara,” ujarnya.

Pada pameran ini, stan Wonderful Indonesia meraih penghargaan sebagai The Best Destination Promotion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya