SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA-Dikenal sebagai kota budaya, turis asing terutama warga Eropa lebih berminat menjelajah wisata alternatif di Jogja.

Francisca Maria selaku Admnistrator Via-Via Tour and Courses mengatakan, wisata alternatif merupakan paket wisata yang disediakan agensi ini dalam memperkenalkan kebudayaan Jogja lebih dalam. Meski setiap sudut dan budaya Jogja menarik untuk diulik tetapi tidak seluruh turis antusias merespon paket tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Orang Indonesia yang ikut bisa dihitung pakai jari. Kalau pun ada, biasanya mereka tamu dari Sekolah Internasional di Jakarta atau tamu perusahaan, tapi kalau konsumen Indonesia buntut-nya pasti shopping. Tamu kami mayoritas dari Eropa yang memang tertarik dengan cerita dan seluk beluk budaya Jogja,” jelasnya kepada harianjogja.com saat ditemui di ruang kerja pekan lalu.

Sebagai contoh, kata dia, paket mengenai pembuatan jamu. Turis tidak hanya diajak ke Pasar Beringharjo, tetapi juga mendapatkan rahasia kecantikan orang jawa dari jamu maupun ilmu meramu jamu.

Antusias turis asal Eropa relatif tinggi saat diajak bersepeda mengunjungi pedesaan. Mereka juga tidak sungkan turun ke sawah untuk mencoba bertanam maupun panen bersama petani setempat.

Bahkan, kata dia, hal-hal yang berbau klenik pun dapat menarik minat turis. Misal mengunjungi tempat keramat untuk mengenal peradaban di Jogja sebelum ada agama.

Menurut dia, paket wisata ini disediakan agar tamu dapat merasakan pengalaman berbeda saat mengunjungi Jogja. Sebab tempat wisata yang saat ini dibangun dan dikembangkan investor besar mayoritas bermain dalam teknologi maupun pendanaan dengan jumlah besar. Adapun tidak seluruh pihak memiliki dana yang kuat.

“Paket wisata ini juga bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan. Karena itu dalam paket-paket wisata kami menyediakan kendaraan tak bermesin. Kalaupun orangnya banyak, baru kami sediakan bus untuk menampung seluruh turis,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya