SOLOPOS.COM - Wisata Taman Rancah Via Feratta Bukit Mendelem (Okezone.com)

Solopos.com, PEMALANG -- Para pencinta wisata petualangan sudah pasti tergiur untuk datang ke salah satu wisata di kawasan pantura ini. Bukit Mendelem di kawasan wisata Taman Rancah yang berjarak sekitar 42 km dari Pemalang Kota ini menawarkan wisata yang penuh tantangan.

Melansir dari  situs Okezone.com, Senin (17/5/2021), sebagai informasi,  Bukit Mendelem ini dikenal juga dengan julukan Gunung Jimat, karena  kawasan ini juga terdapat  makam keturunan raja dan petilasan para wali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika bisa mencapai puncak bukit, pengunjung akan mencapai spot terbaik untuk menikmati panorama Gunung Slamet yang menjulang indah di sebelah barat daya. untuk berpetualang via Verrata itu, pengunjung harus membayar tarif berkisar Rp40.000 hingga Rp100.000 per  orang sesuai panjang jalur yang ditempuh.

Baca Juga : Bumbak, Seni Musik Bambu dari Lereng Gunung Slamet Pemalang

Untuk mendaki tebing, pengunjung akan didampingi oleh pemandu profesional dan saat mendaki, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan alam yang terhampar di sekitar Pemalang meskipun belum sampai puncak bukit.

Bukit Mendelem sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.450 meter diatas  permukaan laut (mdpl). Meski membutuhkan ketahanan fisik dan kewaspadaan yang tinggi, pengunjung pasti tetap akan merasa puas karena udara di area ketinggian terasa sangat sejuk, apalagi ditambah keindahan alam yang tersaji selama pendakian.

Adrenalin akan terpacu kencang saat sudah melewati beberapa tebing yang memiliki kemiringan hingga 90 derajat. pasalnya, jika melihat ke bawah, maka bulu kuduk langsung berdiri karena saking tingginya posisi pendakian.

Baca Juga : Kue Lebaran Khas Pemalang Ini Kini Sudah Jarang Ditemui

Namun jangan khawatir karena pemandu professional akan menuntun dan memberikan arahan demi keselamatan pendaki. Untuk mencapai puncak, memakan waktu sekitar 3 jam dan saat sudah berada di titik inilah, rasa lelah akan hilang karena pemandangan indah dari Gunung Slamet yang menjulang serta hamparan hijau dari pepohonan yang mempesona terlihat nyata.

Offroad di Hutan Penggarit (Okezone.com)
Offroad di Hutan Penggarit (Okezone.com)

Selain pengalaman pendakian yang menantang, kawasan ini juga memiliki hutan yang bisa memberikan nuansa petualangan yang tak kalah menantang. Hutan Penggarit, yang terletak di Kecamatan Taman dan Kecamatan Ampelgading ini bisa dijelajahi secara offroad dan tentunya hutan ini memiliki jalur lintas yang bisa memacu adrenalin.

Penghargaan Pesona Indonesia

Karena begitu mempesona dan menantangnya objek wisata ini,  Wisata Taman Rancah Via Feratta Bukit Mendelem ini mendapatkan penghargaan Anugrah Pesona Indonesia untuk kategori wisata petualangan di tahun 2019 silam.

Penghargaan Pesona Indonesia
Penghargaan Pesona Indonesia (Pemalangkab.go.id)

Baca Juga : Sedapnya Lontong Dekem Pemalang, 1 Piring Pasti Kurang

Melansir situs Pemalangkab.go,id, penghargaan ini diberikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona Jakarta. Pemberian penghargaan dilakukan oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Guntur Sakti, kepada pemerintah Kabupaten Pemalang yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Kepala Disparpora Pemalang, Sapardi, mengatakan dengan meraih penghargaan ini menunjukkan objek wisata dengan ciri khusus patut untuk dikembangkan. Objek wisata ini dikelola oleh kelompok pecinta  alam Sabawana Belik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya