[x] close
Wisata Air Penuh Pengalaman di Waduk Pondok Bringin Ngawi
Solopos.com|jatim

Wisata Air Penuh Pengalaman di Waduk Pondok Bringin Ngawi

Wisata  Waduk Pondok  Bringin Ngawi diresmikan  pada 1 Januari 2020 dan menjadi obyek wisata yang menyuguhkan panorama air yang indah.

Solopos.com, NGAWI — Kabupaten Ngawi merupakan kawasan di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Wilayahnya masih didominasi kenampakan alam dan udaranya juga sejuk karena terletak di dataran tinggi.

Dengan keadaan geografis ini, pariwisata Ngawi sebagaian besar mengandalkan pada keindahan alam, khususnya yang berhubungan dengan air. Ngawi memiliki beragam macam wisata  air, salah satunya adalah Waduk Pondok  Bringin.

Dilansir dari situs ngawikab.go.id, Waduk Pondok Bringin ini berlokasi di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Ngawi.  Lokasinya sangat  mudah dijangkau dengan segala jenis kendaraan bermotor pribadi. Objek wisata ini menawarkan keindahan panorama air dan perbukitan.

Baca Juga: Berwisata ke Bromo, Jangan Lupakan Pasir Berbisik

Selain itu setiap tahunnya oleh masyarakat setempat diadakan upacara tradisional yang disebut dengan keduk Beji.  Sedangkan oleh Dinas Pariwisata setempat, tempat ini secara rutin dipakai untuk lomba memancing dalam rangka memperkenalkan obyek wisata air ini.

Waduk_Pondok_Bringin
Waduk Pondok Bringin Ngawi (ngawikab.go.id)

Selain memberikan pengalaman memancing yang menyenangkan, kawasan wisata ini juga memberikan beberapa fasilitas lain, seperti perahu motor sehingga pengunjung dapat merasakan wisata air yang lebih lagi.

Hutan Jati

Ada juga gardu pandang bagi pengunjung yang ingin berswafoto dengan latar  pemandangan waduk, arena motor cross bagi pengunjung yang suka  dengan jenis olah raga air ini  dan juga ada serangkan warung makan dan minum jika pengunjung merasa lapar dan tidak membawa bekal  makanan.

Melansir dari situs Detik.com, Waduk ini terdapat jenis ikan yang biasa  dikonsumsi, mulai dari ikan tawes, ikan  tombro dan ikan bandeng. Selain itu, pemandangan yang memperlihatkan hutan jati dan mahoni lengkap dengan tebing-tebing alami juga semakin mempercantik kawasan itu.

Baca Juga: Suplemen Yohimbe Bisa Atasi Disfungsi Ereksi? Simak Penjelasannya

Para pemburu gambar yang instagramable sudah pasti akan puas dengan pemandangan Waduk Pondok  Bringin Ngawi yang disuguhkan,  apalagi pemandangan ini semakin dipercantik saat matahari terbenam.

Waduk_Pondok_Bringin_Sunset
Suasana Sunset di Waduk Pondok Bringin (Instagram/@instapondok)

Bendungan ini difungsikan sebagai pemasok kebutuhan air irigasi smapai  seluas 3.500 hektare. Bendungan  Pondok ini mempunyai luas daerah aliran sungai sekitar 39,90 km2 dengan curah hujan setiap tahunnya mencapai 2000 mm.

Tipe Bendungan ini, berdasarkan materi dan struktur bangunan diklasifikasikan sebagai urugan baru dengan inti tanah yang panjang puncaknya mencapai 298 m dan tinggi atas dasar sungai mencapai 30,67  meter. lebar puncaknya mencapai 8 mm, tinggi di atas galian terdalam sekitar 32 meter, dan elevasi puncak pada El + 110 m dengan volume tubuh bendungan sebesar 300 ribu m3.

Baca Juga: Hiiii…Gadis Asal Bandung Atraksi dengan King Cobra 4 Meter

Wisata  Waduk Pondok  Bringin Ngawi diresmikan  pada 1 Januari 2020 dan hingga sekarang masih menjadi obyek wisata yang menyuguhkan panorama air yang indah.

Dengan luas sekitar  2.596 ha, waduk ini mampu menampung air sampai dengan 29 juta m3 sehingga waduk ini terlihat seperti hamparan air yang menyerupai danau dengan latar belakang  hutan dan daerah perbukitan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago