SOLOPOS.COM - Kondisi Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Klaten Kamis (2/9/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah objek wisata air di Klaten sebenarnya sudah dapat dibuka sepanjang PPKM Level 3. Tapi, Satgas PP Covid-19 memilih bersikap berhati-hati sekaligus menunggu usulan dari para pengelola objek wisata terlebih dahulu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan di Kabupaten Bersinar dikenal dengan banyak objek wisata air. Hal itu tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Polanharjo, Tulung, Karanganom, Kebonarum, dan lainnya. Sebagian besar objek wisata di Klaten dikelola desa.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

“Sepanjang PPKM Level 3 di Klaten berlangsung hingga sekarang, belum ada satu pun pengelola objek wisata yang usul [ke Satgas PP Covid-19 Klaten/Pemkab Klaten] agar segera dibuka. Sesuai arahan gubernur, objek wisata memang boleh dibuka dengan membuat percontohan terlebih dahulu,” kata Jaka Sawaldi, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Kisah Mbah Gondrong, Karyawan Umbul Ponggok Klaten Jualan Pisang Demi Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Jaka Sawaldi mengatakan pengelola objek wisata dipersilakan mengusulkan agar segera objek wisata dapat segera dibuka di tengah PPKM Level 3.

Di antara persyaratan yang harus dipenuhi, yakni pengelola objek wisata harus menerapkan aplikasi peduli lindungi, harus menyesuaikan kapasitas di tengah pandemi Covid-19 [membatasi jumlah pengunjung], dan bersedia menjaga prokes.

“Dipersilakan ada objek wisata percontohan [yang dibuka perdana di awal PPKM Level 3]. Misalnya semua syarat tadi terpenuhi, kami pun tidak membatasi jumlah percontohannya. Yang jelas, ini semua harus dilakukan guna menekan angka Covid-19 di Klaten. Semuanya perlu diatur agat tetap waspada,” katanya.

Menyiapkan Fasilitas Penunjang

Terpisah, salah seorang marketing di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, yakni Agus Santosa alias Mbah Gondrong, mengaku Umbul Ponggok dalam kondisi siap dibuka di tengah PPKM Level 3.

Baca juga: 2 Warung Apung di Rawa Jombor Klaten Dibongkar, Terkait Revitalisasi?

Sejauh ini, pengelola Umbul Ponggok sudah menyiapkan berbagai hal untuk mendukung hal tersebut.

“Secara sumber daya manusia (SDM), yang bertugas di Umbul Ponggok ini sudah divaksinasi Covid-19. Fasilitas penunjang juga kami siapkan, seperti tempat cuci pakai sabun, tempat hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, dan lainnya. Termasuk menyiapkan aplikasi peduli lindungi. Kami berharap, kondisi Covid-19 di Klaten terus menurun. Objek wisata bisa dibuka kembali,” katanya.

Baca juga: PPKM Level 3, PKL dan Swalayan di Klaten Boleh Buka hingga Pukul 21.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya