SOLOPOS.COM - Menko Polhukam Wiranto menjalani agenda Forum Koordinasi dan Konsultasi Informasi Publik dan Media Massa bertema "Migrasi Televisi Analog ke Televisi Digital" di Kota Semarang, Jateng, Kamis (8/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengklaim bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di berbagai daerah Indonesia tak separah yang diberitakan media massa. Dia mengatakan hal itu setelah mengunjungi Riau.

Menurut Wiranto, telah meninjau lokasi karhutla di Riau, Selasa (18/9/2019), bersama rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selama di Riau, Wiranto mengaku masih bisa beraktivitas normal meskipun ada asap akibat karhutla.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Realitas yang dikabarkan dengan realitas yang ada itu sangat berbeda. Ternyata kemarin waktu kami di Riau, tidak separah yang diberitakan,” kata Wiranto di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (18/9/2019), dilansir Suara.com.

Wiranto mengatakan, saat di Riau, banyak masyarakat yang belum menggunakan masker. Jarak pandang juga dinilainya masih dalam taraf normal, dan asap tidak menganggu daya pandang mata.

“Jarak pandang masih bisa, pesawat mendarat masih bisa, masyarakat juga belum banyak yang pakai masker dan sebagainya. Kami juga tidak pakai masker. Saat hari siang, sangat jelas awan-awan terlihat,” klaim Wiranto.

Dia juga menyebut oknum pelaku pembakaran lahan telah ditindak. Wiranto berharap ke depan penindakan bisa memberikan efek jera dan tidak lagi ada pembakaran hutan dan lahan secara sengaja.

“Kami sudah mengancam kepada para pembakar, apakah koorporasi atau perorangan, agar diberi hukuman yang setimpal dan tegas,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya