SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mengangkat wiper mobil saat parkir. (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Wiper merupakan komponen mobil yang paling dibutuhkan saat hujan agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Untuk itu wiper mobil harus selalu dirawat agar maksimal fungsinya.

Meski terasa cukup sederhana fungsi dan cara merawatnya bisa saja Anda salah dalam melakukan perawatan. Salah satunya seperti keseringan angkat wiper saat parkir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Daihatsu.co.id dan Gridoto.com, mengangkat wiper saat sedang parkir di tempat yang panas memang cukup efisien untuk membuat karetnya lebih awet.

Panas hanya akan didapat dari sinar matahari langsung, tanpa melalui mediator, karena karet wiper tidaklah menempel pada kaca.

Namun, perlu diketahui juga jika terlalu sering mengangkat wiper ada dampak negatifnya juga. Hal ini terkait komponen selain karet di wiper tersebut.

Baca juga: Daihatsu Luncurkan Penyegaran Rocky di GIIAS 2022, Simak Perubahannya

Bahwa di wiper ada komponen lain berupa pegas. Jika wiper diangkat maka pegas tersebut langsung tertarik juga. Jika dalam waktu lama maka akan berpengaruh pada pegas.

Konstruksi dan kekuatan pegas pun akan menurun. Efek buruk yang muncul adalah kekuatan pegas sudah pasti berdampak pada penekanan wiper.

Akibatnya wiper mobil tidak memiliki daya tekan kuat, sehingga ketika digunakan wiper tidak maksimal menyapu air atau kotoran di kaca mobil.

Jika sudah seperti itu, proses penggantiannya jauh lebih rumit. Karena tak banyak toko suku cadang atau aksesoris mobil yang menyedikan komponen pegas wiper.

Baca juga: Kapan Suzuki S Presso Masuk Indonesia, Jawabannya Ada di GIIAS 2022

Untuk menjaga kondisi wiper mobil agar tidak mudah rusak, baik untuk komponen pegasnya maupun karetnya, Anda bisa melakukan cara berikut.

Anda bisa menggunakan kertas atau penyangga wiper yang dilapisi kain microfiber di antara kaca mobil dengan karet wiper mobil.

Dengan begitu, Anda bisa menjaga kondisi wiper agar lebih awet dan tahan lama. Karet wiper tidak akan mudah getas, dan pegasnya pun tetap aman.

Bisa juga mengangkat wiper hanya sedang parkir di tempat panas. Sedangkan saat mobil sedang parkir di tempat teduh, tidak perlu mengangkat wiper.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya