SOLOPOS.COM - Kru bus menarik tali untuk menggerakan wiper. (Instagram @sewabusbatam)

Solopos.com, SOLO — Wiper mobil yang menempel di kaca depan memiliki fungsi untuk menyapu air saat hujan sehingga pandangan pengemudi tidak terganggu selama perjalanan.

Nah, jika wiper macet pas dibutuhkan atau pas hujan deras tentu bikin repot. Selain mengganggu perjalanan juga membahayakan jika kendaraan terus melaju.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Demikian juga yang terjadi pada sebuah bus yang sedang melakukan perjalanan saat hujan deras dan wiper mati.

Namun rupanya kru bus tidak kurang akal dan nekat melakukan aksi yang bisa membuat orang tertawa jika melihatnya.

Seperti diunggah di akun Instagram @sewabusbatam di mana seorang kru bus melakukan aksi menarik seutas tali yang dikaitkan pada wiper di depan supir bus yang sisi lainnya diikat karet.

Baca juga: Menggoyang-goyang Mobil Saat Isi Bensin Memang Ngaruh?

Dia dengan semangat menarik tali itu berulangkali untuk menggerakkan wiper agar bisa menyapu air hujan dan perjalanan tetap lancar. Aksinya ini pun mengundang sejumlah komentar netizen.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by My Bus Batam | Transportation Agents (@sewabusbatam)

Lantas apa penyebab wiper mobil bisa mati, sehingga bikin repot saat perjalanan. Berikut sejumlah penyebab wiper bermasalah seperti dikutip Solopos.com dari Auto2000.

Gerakan Wiper Lambat

Penyebabnya ada bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik dan bisanya membuat engkol wiper terhambat.

Cara untuk mengatasinya, bersihkan tahanan koil tersebut. Bisa juga karena karat di elemen wiper tesebut. Segera bersihkan engkol dari karat dan semprot bagian itu dengan cairan anti karat.

Baca juga: TIPS OTOMOTIF : Semprotan Air Wiper Mobil Mati? Periksa 3 Bagian Ini

Wiper Macet

Ada kemungkinan motor listrik yang sudah aus. Bila terjadi maka tidak ada pilihan lain kecuali menggantinya dengan yang baru.

Atau bisa juga sekring bermasalah seperti putus karena arus listrik yang berlebihan. Oleh karena itu, cermati rangkaian dan hubungan antarkabel yang terkait dengan sekring.

Dinamo Rusak

Dinamo Wiper bisa bermasalah apabila kumparan terbakar. Biasanya disebabkan oleh hubungan konsleting. Kalau sudah begini wiper dinyatakan rusak total dan harus diganti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya