SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak disuntik vaksin Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTAOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan akhir dari pandemi Covid-19 sudah di depan mata. WHO mengungkapkan asa itu pascakematian mingguan akibat virus di seluruh dunia berada pada level terendah sejak Maret 2020.

Angka kematian global mingguan pada 5 September 2022 adalah 11.118, menurut situs web WHO. Maret 2020 adalah bulan di mana Inggris memasuki penguncian nasional pertamanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

WHO juga memperkirakan bahwa 19,8 juta kematian dapat dihindari pada tahun 2021 karena vaksin Covid-19 diberikan dan 12 miliar dosis telah diberikan di seluruh dunia. Namun ia memperingatkan bahwa virus corona masih menimbulkan “darurat global akut” dan menyoroti bahwa selama delapan bulan pertama tahun 2022 lebih dari 1 juta orang meninggal karena Covid-19.

Baca Juga Pemakaman Ratu Elizabeth 10 Hari Setelah Wafat

Direktur jenderal badan kesehatan internasional, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pada konferensi pers, “Pekan lalu, jumlah kematian mingguan yang dilaporkan akibat Covid-19 adalah yang terendah sejak Maret 2020.”

“Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi kami belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata. Tapi sekarang adalah waktu terburuk untuk berhenti berlari. Sekarang saatnya untuk berlari lebih keras dan memastikan kami melewati batas dan menuai hasil dari semua kerja keras kami.” ujarnya dilansir dari Guardian.

WHO telah merilis enam ringkasan kebijakan yang menguraikan tindakan utama yang harus diambil semua pemerintah. Dokumen-dokumen tersebut mencakup panduan tentang pengujian, vaksinasi, praktik terbaik saat mengelola penyakit, mempertahankan langkah-langkah pengendalian infeksi di fasilitas kesehatan, mencegah penyebaran informasi yang salah, dan keterlibatan masyarakat.

Baca Juga DPRD DKI Minta Anies Baswedan Tak Lantik Pejabat Baru

Salah satu makalah mengatakan, “Dengan akses dan penggunaan yang tepat dari alat-alat penyelamat yang ada, Covid-19 dapat menjadi penyakit yang dapat dikelola dengan morbiditas dan mortalitas yang berkurang secara signifikan.”

Pejabat Inggris telah mengonfirmasi bahwa tidak ada rencana yang dibuat agar orang dapat membeli suntikan Covid-19 secara pribadi. Vaksin flu ditawarkan setiap tahun kepada orang-orang dalam kelompok berisiko, dengan mereka yang tidak termasuk dalam kelompok ini dapat membeli vaksin secara pribadi, jika mereka ingin melakukannya.

Tetapi Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial mengatakan kepada majalah GP Pulse bahwa tidak ada rencana untuk meniru program ini dengan vaksin Covid, dengan persediaan hanya tersedia melalui NHS. Infeksi Covid-19 di Inggris telah turun ke level terendah selama hampir 11 bulan.

Baca Juga Berulang Kali, Ratu Elizabeth II Bertahan dari Percobaan Pembunuhan

Sebanyak 944.700 orang di rumah tangga pribadi diperkirakan memiliki virus corona dalam seminggu hingga 28 Agustus, menurut Kantor Statistik Nasional (ONS). Ini adalah total seluruh Inggris terendah sejak minggu hingga 2 Oktober 2021, ketika jumlahnya 942.600.

Infeksi mencapai 3,8 juta pada awal Juli tahun ini selama penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, tetapi telah menurun secara luas dalam beberapa minggu terakhir. Dalam pekan yang berakhir 2 September, 8.868 kematian terdaftar di Inggris dan Wales, dan 314 disebutkan “novel coronavirus“, terhitung 3,5% dari kematian, menurut data ONS.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul WHO: Akhir Pandemi Sudah di Depan Mata, Tapi…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya