WHO Prediksi Jumlah Kasus Covid-19 di Dunia Bisa Capai 300 Juta di Awal 2022

WHO memprediksi dengan penularan lebih cepat seperti saat ini, jumlah kasus Covid-19 di dunia bisa mencapai 300 juta kasus.
WHO Prediksi Jumlah Kasus Covid-19 di Dunia Bisa Capai 300 Juta di Awal 2022
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pandemi Covid-19. (Foto: AP Photo)

Solopos.com, SOLO — Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memprediksi kasus COvid-19 akan meningkat menjadi 300 juta pada awal 2022.

Hal ini melihat tren penularan kasus yang begitu cepat akhir-akhir ini. Per 4 Agustus 2021, total kasus Covid-19 secara global telah menembus angka 200 juta.

Baca Juga: Hasil Liga Europa Dini Hari Tadi: Mayoritas Tuan Rumah Raih Kemenangan

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan 100 juta kasus pertama memerlukan waktu lebih dari 1 tahun. Sementara, penambahan 100 juta kasus Covid-19 baru hanya memerlukan waktu sekitar 6 bulan.

Artinya, penyebaran kasus Covid-19 di dunia saat ini dua kali lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Hasil Menjanjikan, Presiden Jokowi Minta Porang Tak Diekspor dalam Bentuk Mentah

“Dirjen WHO memperkirakan dengan tren sekarang, jumlah kasus dapat mencapai 300 juta pada awal tahun depan atau bahkan bisa lebih cepat lagi,” terang dia dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Kamis (19/8/2021).

Retno menambahkan, pada periode 12-19 Agustus 2021, beberapa kawasan mengalami kenaikan kasus mingguan Covid-19 secara signifikan. Amerika Utara tercatat mengalami kenaikan kasus positif sebesar 12%, Eropa sebesar 3%, dan Oceania 24%.

Baca Juga: Masyarakat Sipil Berbasis Islam di Tengah Regresi Demokrasi

Sementara itu, kawasan Asia Tenggara mengalami penurunan sebesar 0,4%. Namun, terdapat pula beberapa negara di Asia Tenggara yang masih mengalami kenaikan kasus mingguan secara signifikan, di antaranya Brunei Darussalam mengalami kenaikan 304%, Filipina 41%, Vietnam 12%, dan Thailand 6%.

“Kita di Indonesia, Alhamdulillah di periode tersebut, dapat kembali menekan penyebaran kasus yaitu sebesar -22%,” katanya.

Baca Juga: Kembangkan Pariwisata dan UMKM, BI Kediri Luncurkan Wisata Virtual

Menurut Menlu, setidaknya ada beberapa langkah utama yang diambil oleh negara-negara dunia untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19, yaitu membatasi mobilitas orang, menerapkan protokol kesehatan, dan mempercepat vaksinasi. Selain untuk mengurangi kemungkinan penularan, vaksinasi dapat mengurangi kemungkinan hospitalisasi dan tingkat kematian.

“Mari kita terus berikhtiar. Mari kita bersama-sama terus mendukung program vaksinasi dan mempercepat laju vaksinasi,” tutup Retno.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Dada karena Gangguan Paru, Lambung atau Jantung?


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago