top ear
Ilustrasi wujud virus corona. (Reuters)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi wujud virus corona. (Reuters)

WHO: Mungkin Tidak Ada Senjata Ampuh Lawan Covid-19

WHO menyebut kemungkinan tidak ada senjata ampuh melawan Covid-19.
Diterbitkan Selasa, 4/08/2020 - 19:27 WIB
oleh Solopos.com/Mia Chitra Dinisari/Bisnis.com
2 menit baca

Solopos.com, GENEWA – WHO memperingatkan kemungkinan tidak ada peluru ampuh untuk mematikan virus corona penyebab Covid-19. Sampai saat ini telah lebih dari 18 juta orang di dunia yang terinfeksi penyakit ini dengan 688.080 pasien meninggal.

Direktur Jenderal WHO, Tedors Adhanom Ghebreyesus, dan Ketua Kedaruratan, Mike Ryan, mendesak semua negara menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pemakaian masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan, dan melakukan tes Covid-19.

Muhadjir Effendy: Sesama Keluarga Miskin Besanan, Lahir Kemiskinan Baru

Mereka menyebut masker wajah semestinya menjadi simbol solidaritas dunia. Apalagi menurut mereka tidak akan ada obat ampuh untuk mematikan virus corona meski vaksin Covid-19 telah ditemukan.

“Sejumlah vaksin sekarang dalam uji klinis fase 3 dan kami semua berharap memiliki sejumlah vaksin efektif yang dapat mencegah infeksi. Namun, saat ini tidak ada peluru mematikan untuk Covid-19 dan mungkin tidak akan pernah ada,” terang Mike Ryan.

Kisah Mbah Slamet di Tulung Klaten, Lumpuh Tinggal di Gubuk Bambu Dekat Kandang Ayam

Dia menambahkan sejumlah negara dengan tingkat penularan tinggi harus waspada dan bersiap menghadapi pertempuran besar menghadapi Covid-19. “Jalan keluarnya panjang dan membutuhkan komitmen yang berkelanjutan,” imbuh dia.

Sementara itu WHO mulai mendesak China pada awal Mei untuk menyelidiki asal-usul Covid-19. Pada 10 Juli 2020 lalu WHO PBB mengirimkan ahli epidemologi dan spesialis kesehatan hewan ke Beijing untuk melakukan penyelidikan.

Para ilmuwan yakin virus itu ditularkan hewan kepada manusia. Adapun wilayah sumber penularan diduga dari Kota Wuhan yang menjual daging hewan liar.

4 Kata dari Gibran untuk 2 Cucu PB XII  yang Ingin Maju Pilkada Solo 2020 


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini