SOLOPOS.COM - Ilustrasi WhatsApp (dok. The Verge)

Solopos.com, SOLO – WhatsApp baru saja menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus foto atau video setelah dilihat. WhatsApp menyebut fitur ini dengan nama View Once.

Melansir The Verge, Jumat (6/8/2021), Sebelumnya CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sudah mengonfirmasi bahwa fitur ini akan segera hadir, tapi tidak mengatakan waktu pasti untuk perilisannya. Menurut WABetaInfo, fitur View Once telah diuji coba dalam versi beta sekitar satu bulan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fitur View Once dihadirkan untuk memberikan lebih banyak kontrol bagi pengguna untuk melindungi privasi mereka. Karena fitur ini dapat meminimalisasi penerima pesan untuk mengambil tangkapan layar atau merekam media yang telah mereka terima.

Baca Juga : Oppo Punya Smartphone Berteknologi Kamera Bawah Layar

Foto atau video yang dikirimkan menggunakan fitur View Once juga dilindungi enkripsi end-to-end. Media yang telah dikirim dengan fitur ini akan ditandai dengan ikon one-time yang menandakan pesan akan menghilang secara otomatis setelah dibaca.

Cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah, karena pengguna hanya perlu mengetuk tombol “1” di sebelah tombol kirim sesaat sebelum mengirim foto atau video. Setelah penerima membukanya, pesan tersebut akan otomatis terhapus.

Pesan berupa foto atau video yang dikirim menggunakan fitur View Once tidak akan tersimpan di galeri penerima, selain itu juga tidak dapat diteruskan maupun dibagikan. Jika penerima pesan tidak membuka foto atau video dalam waktu dua pekan, maka media akan kedaluwarsa dan terhapus secara otomatis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya