Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

WGM Segera Direvitalisasi, Pemenang Lelang Diminta Bertemu Bupati Wonogiri

Pemenang lelang proyek revitalisasi WGM Wonogiri diminta bertemu dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, sebelum mengerjakan proyek.
SHARE
WGM Segera Direvitalisasi, Pemenang Lelang Diminta Bertemu Bupati Wonogiri
SOLOPOS.COM - Dermaga perahu wisata di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Jumat (16/9/2022). Tempat ini menjadi salah satu lokasi yang bakal ikut dalam program revitalisasi WGM. (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI–Revitalisasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) zona I atau kawasan objek wisata WGM akan dimulai pada Oktober 2022 mendatang.

Pemenang lelang proyek revitalisasi tersebut diminta bertemu dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, sebelum mengerjakan proyek.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Berdasar data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lelang proyek revitalisasi WGM zona I dimenangi PT Jaya Sempurna Sakti.

Perusahaan konstruksi asal Sukoharjo itu terpilih sebagai pemenang dari total 289 peserta yang mengikuti proses lelang.

Baca Juga: Aset di Zona I Objek Wisata WGM Wonogiri Senilai Rp1,01 Miliar

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Wonogiri, Heru Utomo, mengatakan, awal September 2022 lalu pemenang lelang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) III Jateng menyambangi objek wisata WGM. Tujuan mereka untuk mengecek kondisi aset WGM sebelum dibongkar lalu dibangun menjadi bangunan baru.

“Ada pengembangan. Misalnya, di depan pintu masuk ada aset yang kena pembongkaran sebagian. Daripada hanya dibongkar separuh, mending semua sekalian. Tamannya ditata sekalian. Jadi ada perbedaan sedikit dari Masterplan yang sudah dirancang,” kata Heru kepada Solopos.com, belum lama ini.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Selain mengecek aset, kunjungan BPPW III Jateng dan pemenang lelang juga bertujuan meninjau langsung lokasi yang bakal dikerjakan.

Heru tak menyebut tanggal pasti dimulainya revitalisasi WGM. Namun, ia memastikan hal itu segera dilakukan seusai pemenang lelang bertemu dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Baca Juga: Marak Penggunaan Branjang di WGM, Bupati Wonogiri Belum Ambil Langkah Hukum

“Ada yang ingin Pak Bupati pesankan kepada pemenang lelang. Jadi akan ada pertemuan itu dulu,” ungkapnya.

Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek membenarkan ihwal keinginan adanya pertemuan itu.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Ia ingin menyampaikan pesan supaya pengerjaan revitalisasi WGM tak meninggalkan pekerjaan rumah seperti pengerjaan proyek lainnya di Wonogiri.

Baca Juga: Razia Penggunaan Branjang di WGM Wonogiri Dilakukan 3 Kali/Tahun

Berkaca pada proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Wosusokas, 2016-2018 lalu, menimbulkan banyak persoalan di akhir pembangunan.

Utamanya karena banyak pekerja yang berutang ke warung makan milik warga, tapi tak dibayar saat proyek rampung dikerjakan.

“Kami minta jangan sampai seperti pengalaman sebelumnya. Kami minta jaminan kepada pemenang lelang untuk tidak meninggalkan utang. Dari laporan pemilik warung, ada yang kena sampai Rp3 juta, Rp8 juta, kalau dikalikan bisa ratusan juta. Itu yang kami antisipasi dan karenanya kami minta tolong pemenang lelang dipertemukan dulu dengan Pemkab agar framenya sama,” ucap Jekek kepada Solopos.com, Selasa (20/9/2022).



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode