SOLOPOS.COM - Agar tagihan tak bengkak selama WFH, ketahui cara menghemat listrik. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah cara untuk menghemat listrik di rumah. Cara ini juga tepat diterapkan di masa pandemi Covid-19 ini telah membuat kegiatan kerja dari rumah dan sekolah dari rumah menjadi budaya baru akibatnya tagihan pun membengkak.

Cara  menghemat listrik di rumah selama pandemi Covid-19 ini sangat mudah diterapkan, tidak butuh alat khusus. Kuncinya hanyalah pada kedisiplinan diri dalam penggunaan peralatan elektronik.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Berikut ini cara menghemat biaya listrik di rumah seperti dilansir dari Bisnis.com, Senin (22/11/2021).

1. Matikan Lampu Saat Siang Hari

Cara paling mudah untuk menghemat biaya listrik, yaitu dengan mematikan lampu saat siang hari atau ketika tidak dibutuhkan. Anda dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan di siang hari. Begitu pula saat hendak keluar ruangan, jangan lupa matikan lampu di dalam ruangan tersebut.

Baca Juga:  8 Drama Korea yang Dibintangi Park Shin Hye, Ada The Heirs

2. Ganti ke Lampu LED

Banyak orang enggan memakai lampu LED lantaran harganya lebih mahal dibandingkan lampu biasa. Namun, tahukan Anda bahwa penggunaan lampu LED merupakan salah satu cara menghemat tagihan listrik.

Lampu LED menghabiskan listrik lebih rendah atau hemat daya jika dibandingkan dengan jenis lampu biasa. Selain hemat daya, lampu LED mampu bertahan lebih dari 7 tahun sehingga Anda tidak perlu sering mengganti lampu.

Baca Juga: Sukses Bikin Penasaran, Siapakah Suami Velove Vexia?

3. Maksimalkan Ventilasi Udara

Keinginan untuk menghidupkan air conditioner (AC) atau kipas angin lebih besar saat bekerja atau bersekolah di rumah. Namun, AC dan kipas angin cukup banyak memakan daya listrik. Jangan heran jika tagihan listrik Anda jadi mahal lantaran menyalakan AC sepanjang hari. Maksimalkan fungsi ventilasi udara agar suasana udara di dalam rumah menjadi sejuk, tanpa perlu menyalakan AC atau kipas angin

4. Bijak Gunakan Alat Elektronik

Alat elektronik yang ada di rumah kamu memiliki kapasitas listrik yang berbeda-beda. Jika digunakan secara berlebihan atau melampaui kapasitas, alat elektronik tersebut akan menghabiskan banyak tenaga listrik. Jika Anda memiliki anggaran, ganti alat elektronik di rumah dengan kapasitas watt yang lebih kecil. Anda juga bisa menerapkan tips sederhana, yaitu segera dimatikan alat elektronik jika sudah selesai digunakan

Baca Juga: Jadi Nomine Grammy Awards 2022, BTS Kembali Bersaing dengan Lady Gaga

5. Matikan Alat Elektronik di Malam Hari

Tagihan listrik dapat membengkak karena meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan hidup. Layaknya manusia, energi listrik pun pada dasarnya membutuhkan istirahat agar dayanya tidak terkuras banyak. Mematikan listrik di malam hari merupakan cara untuk menghemat tagihan listrik, lho!

6. Cabut Kabel dari Saklar

Tahukah Anda, arus listrik akan tetap mengalir jika Anda membiarkan kabel alat elektronik terpasang pada saklar meskipun sedang tidak digunakan? Banyak orang sering lupa mencabut sabel pengisi daya laptop atau gadget lainnya setelah menggunakan. Hilangkan kebiasaan tersebut agar Anda bisa menghemat tagihan listrik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya