Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.
SHARE
Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022
SOLOPOS.COM - Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Event Batik Art Fest (BAF) kembali digelar tahun ini, Jumat (30/9/2022). Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.

BAF 2022 dibuka secara resmi di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, oleh Wakil Rektor Bidang I, Bambang Sunarto.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Ketua Pelaksana BAF 2022, Danang Priyanto, menyampaikan BAF 2022 merupakan BAF yang kali kelima digelar. Acara yang dibuka pada Jumat (30/9/2022) tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (1/10/2022).

Ada berbagai kegiatan yang disajikan dalam BAF 2022. “Pada pembuakaan ini dihadiri dari pihak pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta, kemudian ada perwakilan dari enam perguruan tinggi di Indonesia. Selain ISI Surakarta ada ISI Yogyakarta, ISI Padang, ISBI Bandung, ITS Pekalongan serta UNS. Kemudian ada Duta Wisata Jateng dan Putra-Putri Solo,” kata dia, Jumat.

Pada pembukaan tersebut juga dilakukan penandatangan kerja sama di antara enam prodi di enam perguruan tinggi tersebut, dalam hal Tri Darma Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Ada Festival Wayang Bocah hingga Parkli Creative Festival

Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Keterlibatan enam perguruan tinggi dalam ajang BAF 2022 menurutnya merupakan salah satu pembeda dari pelaksanaan BAF sebelum-sebelumnya.

Belum lagi di tahun ini juga digelar webinar internasional yang melibatkan empat negara, yakni Indonesia, Karibia, Jepang Dan Mesir. Webinar tersebut membahas mengenai batik dan seni pada umumnya.

“BAF kali ini juga kami gelar membatik 12 jam, yang menjadi ikon kami. Ada empat mahasiswa dari Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta yang membatik selama 12 jam, sampai malam nanti,” kata dia.

Baca Juga: Konser Mahambara Gamelan Iringi Selebrasi Penyerahan Sertifikat UNESCO

Selain itu ada kegiatan lain seperti pameran batik, fashion show, workshop membuatan canting dan batik cap serta ada kegiatan bersama desainer tamu, yakni Tuty Adib, Ucok M. Sirait, Saifuddin Aulya Akhsan, Owens Joe dan Fafa Utami.

Wakil Rektor Bidang I ISI Surakarta, Bambang Sunarto, dalam sambutannya menyampaikan pameran yang digelar pada dasarnya adalah rangkaian dari BAF yang dilaksanakan satu kali dalam dua tahun oleh Prodi Desain Mode Batik Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta.

“Pameran ini untuk menampilkan batik karya-karya mahasiswa, dosen maupun alumni kepada masyarakat luas. Sekaligus sebagai pertanggungjawaban kami dalam proses pembelajaran. BAF juga digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional,” kata dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode