SOLOPOS.COM - ilustrasi (ethnicarts.com)

ilustrasi (ethnicarts.com)

JOGJA—Wisatawan yang mengunjungi Pasar Beringharjo, Jogja tak hanya bisa menemui aneka fashion batik, ada juga sejumlah kios yang menawarkan kerajinan khas jogja. Salah satunya adalah wayang kulit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu penjual kerajinan wayang kulit adalah Sigit Priyono. Ia mengklaim kerajinan di tokonya berharga lebih murah dibanding tempat lain di Jogja.

Ekspedisi Mudik 2024

“Harganya bisa beda hingga dua kali lipat, murah di sini,” ujarnya saat ditemui di kiosnya, Endah Souvenir, Rabu (27/9).

Endah Souvenir memiliki koleksi hampir semua tokoh wayang mulai dari Pandawa Lima, Punokawan, Gatot Kaca dan tokoh laun. Wayang-wayang itu dijual Rp10.000 untuk Kidangan atau wayang kecil dengan ukuran 45 cm, Rp23.000 untuk Bambangan atau wayang dengan ukuran 55 cm, Rp30.000 untuk wayang dengan ukuran 70 cm atau Katongan. Wayang jenis Jangkangan dijual Rp35.000, Glagahan seharga Rp45.000 dan paling mahal yakni Gunungan dijual dengan harga Rp125.000

“Kidangan yang paling laku saat ini, berapa pun saya sediakan langsung habis, misalnya saja kemarin saya sediakan 100 buah, langsung semua diborong,” katanya.

Menurutnya, pembeli di kiosnya kebanyakan adalah wisatawan. Bahkan beberapa wisatawan akhirnya pun memesan dan meminta dikirim ke negaranya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya