SOLOPOS.COM - Wawali Solo, Teguh Prakosa, membuka Diklat Peningkatan Kapasitas bagi anggota Senkom Mitra Polri Solo di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo, Sabtu (10/9/2022) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota (Wawali) Solo Teguh Prakosa meminta Sentra Komunikasi atau Senkom Mitra Polri terus aktif mengawal kegiatan-kegiatan kepolisian dan pemerintah, salah satu memberikan informasi positif agar masyarakat tidak termakan hoaks.

Hal itu disampaikan Teguh saat menghadiri Pendidikan Kilat (Diklat) Peningkatan Kapasitas anggota Senkom Mitra Polri di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota, Sabtu (10/9/2022) pagi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Teguh mengapresiasi kiprah anggota Senkom Mitra Polri selama ini. Menurutnya, Senkom Mitra Polri telah banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan pemerintah dan menjaga kamtibmas.

“Ya minimal mereka jika ditanya masyarakat perihal BLT ya harus tahu. Bisa memberikan informasi positif agar masyarakat tidak termakan hoaks. Jadi sangat membantu sekali kalau teman-teman Senkom aktif di masyarakat,” urainya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ke depan, Teguh meminta agar anggota Senkom Mitra Polri terus aktif mengawal kegiatan-kegiatan kepolisian dan pemerintah. Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Solo, Kevin Fabiano, mengatakan selama Diklat, anggota dibekali jiwa dan kepekaan sosial, patriotisme, hingga cinta Tanah Air.

Baca Juga: Senkom Mitra Polri Solo Beri Apresiasi Petugas Pospam, Ini Bentuknya

Dengan begitu mereka bisa mengambil peran lebih dalam misi-misi kemanusiaan dan sosial. “Ada 150 anggota yang mengikuti kegiatan ini. Mereka kami cetak menjadi sosok yang melayani masyarakat,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Mitigasi Bencana

Kevin mengatakan Senkom Mitra Polri merangkul sejumlah pihak seperti Polresta, Kodim 0735/Solo, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka memberikan pembekalan sesuai materi masing-masing.

“Materi yang diberikan berbeda-beda. Tim dari Polresta Solo memberikan pembekalan tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat [Kamtibmas]. Sedangkan Kodim 0735 memberi materi tentang jiwa bela negara,” katanya.

Baca Juga: Senkom Mitra Polri Bagikan 115 Paket Sembako untuk 7 Pospam di Solo

Sementara tim dari BPBD Solo menyampaikan pembekalan tentang mitigasi bencana alam. Kevin menjelaskan selama ini Senkom Mitra Polri telah banyak berkiprah dalam kegiatan-kegiatan sosial atau pelayanan masyarakat.

Seperti saat pandemi Covid-19, Senkom Mitra Polri Solo membantu polisi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan. “Memberikan sosialisasi program pemerintah hingga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” terangnya.

Kevin menekankan pentingnya anggota Senkom Mitra Polri ikut andil dalam berbagai kegiatan masyarakat. Mulai dari yang paling sederhana menginformasikan program pemerintah, hingga meringankan beban masyarakatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya