SOLOPOS.COM - Papan nama Khilafatul Muslimin terpasang di dinding depan salah satu rumah warga yang menjadi kantor organisasi tersebut di Jl Sawo IV Karangasem, Laweyan, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota Solo yang saat ini juga menjadi Plh Wali Kota, Teguh Prakosa, mengungkapkan keberadaan Kantor Khilafatul Muslimin di Kota Bengawan sebenarnya sudah cukup lama.

“Di Solo sudah lumayan [lama]. Itu nanti kalau dari Pak Kapolresta, Pak Kapolda, nanti setelah kejadian yang di Brebes akan ke Klaten. Kami yang persiapan sebagai tuan rumah di Solo, karena di Solo juga ada kantornya [Khilafatul Muslimin],” terang Teguh kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Teguh menegaskan hal itu akan menjadi kewenangan Polresta Solo bersama TNI. “Maka nanti urusannya Pak Kapolresta untuk apa yang akan dilakukan biar rapat khusus Pak Kapolresta dan teman-teman TNI,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Teguh memberikan penjelasan mengenai keberadaan Kantor Khilafatul Muslimin di Solo tersebut seusai mengikuti rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Makorem 074/Warastratama. Hadir dalam rapat itu Danrem O74/Warastratama Kolonel (Inf) Achiruddin.

Ada juga Dandim 0735/Solo Letkol (Inf) Devy Kristiyono, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel (Pnb) Agus Setiawan, Kepala Dishub Solo Hari Prihatno, dan beberapa pimpinan OPD Solo.

Baca Juga: Kantor Khilafatul Muslimin Juga Ada Di Solo, Forkopimda Segera Bergerak

Saat ditanya apakah Khilafatul Muslimin berafiliasi dengan partai politik (parpol), Teguh mengaku tidak mau berandai-andai. “Saya tidak akan bicara itu lah. Artinya selama tidak ada bukti autentik ya kita tidak boleh berandai-andai,” katanya.

Pantauan Lokasi

Teguh yang merupakan politikus PDIP menyatakan kewenangan untuk mengurus keberadaan Kantor Khilafatul Muslimin di Solo ada di tangan Kapolresta Solo. “Itu ranahnya Pak Kapolresta. Aku ora ngerti lah,” ujarnya mengakhiri wawancara dengan wartawan.

Tapi Teguh mengakui keberadaan Kantor Khilafatul Muslimin di Kota Bengawan beserta anggota atau jemaah mereka menjadi salah satu tema rapat Forkompinda Solo siang itu. Artinya hal itu menjadi satu tema penting untuk dibahas dan diantisipasi.

Baca Juga: Konvoi Khilafatul Muslimin di Brebes, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka

Sementara itu, pantauan Solopos.com, Kantor Khilafatul Muslimin yang dimaksud Teguh berada di Jl Sawo IV RT 001/RW 009 Karangasem, Laweyan, Solo. Lokasinya tidak jauh dari Kantor DPRD Solo. Papan nama organisasi itu terpampang di pinggir jalan itu di pagar depan rumah warga.

Ada dua papan nama dengan latar belakang putih dan tulisan hijau tersebut. Papan nama pertama bertuliskan Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo Kota dan papan kedua bertuliskan Khilafatul Muslimin Kemas’ulan Laweyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya