SOLOPOS.COM - Ilustrasi Wavin. (Bisnis.com)

Solopos.com, BATANG — Produsen pipa asal Belanda, Wavin, mendirikan pabrik di kawasan industri di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng). Peletakan batu pertama atau groundbreaking yang menandai pembangunan pabrik itu pun berlangsung, Senin (3/1/2022).

Pabrik Wavin akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektare. Chief Excecutive Officer Orbia, perusahaan induk Wavin, Sameer Bharadwaj mengatakan salah satu faktor utama perusahaan melakukan investasi di Indonesia adalah stabilitas di tengah riuhnya perang antara Rusia dan Ukraina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Asia Tenggara, khususnya Indonesia, merupakan pusat stabilitas di tengah tingginya tensi geopolitik global akibat perang Rusia-Ukraina,” ujar Bharadwaj dalam acara Groundbreaking Pabrik Wavin di Batang, Senin.

Pabrik pertama dan terbesar yang dibangun produsen pipa asal kota Zwolle, Belanda, di Indonesia itu bakal memproduksi pipa infrastruktur air bersih, manajemen air, serta irigasi untuk sektor pertanian.

Rencananya, pembangunan akan memakan waktu satu tahun yang dimulai pada kuartal IV/2022, dan ditargetkan rampung serta beroperasi paling cepat pada kuartal IV/2023 mendatang.

Baca juga: Wasabi Asal Jawa Tengah Diekspor Mahal ke Jepang

Sebelumnya, Country Director of Indonesia Johannes Drees mengatakan pabrik tersebut akan mempekerjakan kurang lebih 150 orang untuk proses produksi dan memungkinkan untuk bertambah hingga 250 orang pada masa mendatang.

Sayangnya, Drees tidak memberikan informasi detail mengenai nilai investasi yang digelontorkan untuk pembangunan pabrik tersebut. Namun, jumlah uang yang digelontorkan dalam proyek itu dikatakan cukup signifikan.

Sekadar informasi, produk-produk Wavin saat ini tersedia di pasar seluruh Indonesia. Perusahaan tersebut memiliki kurang lebih 50 distributor, 6.000 ritel, serta 100 kontraktor dan pengembang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Produsen Pipa Asal Belanda Wavin Bangun Pabrik Baru di Indonesia, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya