SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Ilustrasi Penerangan Jalan Umum  (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

Foto Ilustrasi Penerangan Jalan Umum
(JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman

Harianjogja.com, KULONPROGO– Sedikitnya 92 Lampu Penerang Jalan Umum (LPJU) baru ditempatkan di wilayah Wates, Kabupaten Kulonprogo. Pemerintah jangan hanya memperioritaskan LPJU di wilayah kota.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi (Kasi) Penerang Jalan Umum Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo, Suparno mengatakan 92 LPJU itu merupakan bagian dari 110 LPJU baru yang dipasang di seantero Kulonprogo. Pengadaan itu menghabiskan anggaran Rp1,2 miliar yang diambil dari APBD 2013.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di wilayah Kota Wates kami pasang banyak lampu untuk menggantikan lampu hias antik yang selama ini ada di wilayah kota. Titik terbanyak kami tempatkan di sekitar Alun-alun Wates yakni sebanyak 18 buah. Selain itu kami juga pasang di jalan negara,” kata dia, Rabu (25/9/2013).

Menurut dia, LPJU baru itu memiliki tinggi sembilan meter dan memiliki daya 150-250 watt sehingga lebih mampu menerangi jalan dibandingkan lampu antik sebelumnya.

LPJU baru juga dianggap lebih baik karena menggunakan sistem kabel melayang sehingga teknis perawatan bisa lebih mudah dibandingkan sistem kabel tanam.

Pihaknya memprioritaskan pemasangan lampu di daerah kota serta jalan negara yang menghubungkan Jogja-Wates-Purworejo, karena dianggap sebagai etalase daerah. Khusus untuk wilayah-wilayah tersebut, menurut dia ketersediaan LPJU sejauh ini baru 50%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya