SOLOPOS.COM - Suasana arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Arus balik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada 6-8 Mei 2022. Sehingga pemudik diimbau untuk balik lebih awal terutama yang memanfaatkan jalan tol Trans Jawa.

Dikutip dari berbagai sumber dan akun resmi Kemenhub, dephub.go.id, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal,” jelas Menhub

Diimbau masyarakat untuk balik dari mudik sebelum puncak arus balik. di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Hal ini guna mengindari terjadinya kemacetan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” jelas Menhub

Baca juga: Kehabisan Bensin di Tol Trans Jawa? Jangan Panik Telpon 135 Saja

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, ada dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang – Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Selain itu Menhub juga mengimbau agar pemudik yang melakukan perjalanan balik jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh.

Apalagi berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujar Menhub.

Baca juga: Masyarakat Diminta Cek Google Maps sebelum Mudik, Ini Maksudnya

Selain itu Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H jatuh pada H+5 atau pada hari Minggu (8/5/2022).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Prediksi angka tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Kemudian GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak). Prediksi dari arah Timur mencapai 64,64 persen dari total lalin. Sementara itu, untuk dari arah Barat sebesar 21,35 persen dan dari arah Selatan sebesar 14,02 persen.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jasa Marga Imbau Pemudik Hindari Arus Balik ke Jakarta 6-8 Mei 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya