SOLOPOS.COM - Ilustrasi Selang radiator mobil retak. (Honda-tech.com)

Solopos.com, SOLO — Radiator adalah salah satu komponen pendingin mesin mobil, sehingga apabila terjadi masalah seperti selang radiator bocor, akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Bocornya selang radiator mobil bisa disebabkan beberapa hal. seperti ketika retakan atau lecet pada selang kemudian semakin besar, menyebabkan kebocoran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk itu, seperti dikutip dari Auto2000, Anda wajib mewaspadai tiga hal berikut ini agar kebocoran selang radiator mobil bisa dicegah.

Selang tertekuk dan berkerut

Selang radiator mobil yang tertekuk akan bisa mengurangi aliran cairan pendingin, ini bisa berakibat mesin terlalu panas.

Selain itu, penyebab lainnya adalah kerutan jangka panjang yang dibiarkan sehingga menciptakan retakan kecil yang semakin lama semakin besar. Ini biasa terjadi jika kualitas selang jelek.

Baca juga: Motor Termahal di Indonesia Harganya Tembus Rp9 Miliar

Selang atau konektor rusak

Penyebab kebocoran selang radiator mobil lainnya, bisa karena selang atau konektor yang rusak dan tidak rapat. Kondisi ini dapat dilihat dengan jelas, begitu juga dengan klem yang kendor.

Indikatornya adalah tetesan cairan pendingin yang ditemukan di sekitar klem dan konektor selang. Sokusinya kencangkan klem atau memilih klem yang otomatis kencang atau kendur tergantung pada suhu sistem kendaraan.

Degradasi Elektrokimia

Electrochemical Degradation (ECD) atau degradasi elektrokimia bisa disebabkan ketika berbagai jenis logam dalam sistem pendingin menghasilkan muatan listrik.

Baca juga: Pajak Tahunan Mobil Listrik, Benarkah Lebih Murah

Pendingin mentransfer muatan ini ke area yang berbeda, menciptakan muatan listrik yang menyebabkan retakan dalam selang radiator mobil. Coba tekan saja ujung selang, dan periksa apakah ada ruang di dalamnya.

Indikasi lain bisa dilihat dari ujung selang yang lebih lembut dibandingkan dengan bagian tengah. Cara termudah mengatasi ini adalah dengan mengganti selang yang tahan ECD.

Kebocoran selang radiator dengan alasan-alasan di atas biasanya terjadi pada mobil yang memiliki sejumlah pemicu. Antara lain karena usia mobil sudah tua. Kemudian pernah dimodifikasi pada radiator dan selangnya, dampak dari kecelakaan, hingga penggunaan selang radiator kualitas rendah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya