;

Waspadai! Ini Penyebab Cat Sepeda Motor Cepat Pudar

Ada baiknya Anda mewaspadai beberapa faktor yang jadi penyebab warna cat sepeda motor cepat memudar sehingga bisa mencegahnya.
SHARE
Waspadai! Ini Penyebab Cat Sepeda Motor Cepat Pudar
SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat cat bodi sepeda motor. (Semisena.com)

Solopos.com, SOLO — Cat bodi sepeda motor yang tetap terjaga membuat penampilan kendaraan tetap menarik. Hanya saja untuk mempertahankan warna itu bukan perkara mudah.

Cepat atau lambat, tergantung pada perlakuan dan perawatan kendaraan yang dilakukan pemiliknya terhadap cat bodi sepeda motor.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Namun ada baiknya Anda mewaspadai beberapa faktor yang jadi penyebab warna cat sepeda motor cepat memudar seperti dikutip Solopos.com dari Astramotor.co.id.

Sinar Matahari

Paparan langsung radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa merusak lapisan cat sepeda motor, sehingga warna cat dapat terlihat kusam. Ini jika motor sering terparkir di lahan terbuka.

Karena itu, usahakan untuk memarkir sepeda motor di tempat yang teduh agar terhindar dari terpaan langsung sinar matahari.

Baca juga: Bahaya! Ini Barang Yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor

Air Hujan

Kandungan pada air hujan seperti zat asam nitrat (HNO3) bisa merusak lapisan cat bodi motor. Hal tersebut dapat diperparah jika kita tinggal di perkotaan dengan polusi udara yang tinggi.

Maka dari itu, Anda harus langsung membilas atau mencuci sepeda motor dengan air bersih setelah terkena air hujan.

Debu

Meski terkesan sepele, debu yang terlalu lama menempel pada bodi akan menurunkan kilap cat bodi motor. Selain itu, debu juga berpotensi membuat goresan halus atau baret yang membuat daya kilap cat berkurang.

Untuk menghambat waktu pemudaran cat akibat debu, rutinlah untuk mencucinya. Biasakan untuk membilasnya dengan air bersih sebelum membasuhnya dengan kain lap.

Baca juga: Yuk Bersihkan Plafon Mobil Usai Mudik Lebaran 2022

Penggunaan Sabun Cuci

Selain dari proses mencuci yang kurang tepat, penggunaan sabun atau sampo yang kurang tepat juga bisa membuat warna cat bodi motor cepat pudar.

Hal itu disebabkan oleh kandungan kimia yang keras di dalam sabun atau sampo yang bisa mempercepat proses pemudaran warna cat. Jadi gunakan sampo khusus kendaraan untuk pencucian.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago